Fisip Unismuh Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

0
142

Inspiratifnews.com – Makassar, Dalam upaya meningkatkan produk publikasi ilmiah, Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh Makassar menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan berlangsung pada hari Sabtu Ahad, 08-09 Oktober 2016 di Hotel Losari Beach Makassar. Peserta yang hadir berjumlah 45 orang dari kalangan mahasiswa dan dosen pengajar.

Workshop ini menghadirkan narasumber nasional yakni Ismail Suwardi Wekke, Ph.D, dosen STAIN Sorong yang juga Dewan Editor beberapa Jurnal Nasional dan Internasional bereputasi, serta di dampingi oleh Ahmad Harakan Djamal, ketua pengelola Otoritas Jurnal Ilmu Pemerintahan Unismuh.

Menurut narasumber Ismail Suardi Wekke, alumni doktoral Universiti Kebangsaan Malaysia ini “membuat karya tulis dengan standar ilmiah yang ketat mengajarkan kita untuk berpikir logis, koheren dan sistematis. Pada akhirnya, bukan sekedar untuk meningkatkan reputasi institusi, kaidah menulis karya ilmiah akan banyak membantu kehidupan”. Workshop ini bertujuan menghasilkan karya tulis ilmiah yang siap publikasi pada jurnal-jurnal nasional dan internasional bereputasi.

Salah seorang peserta mahasiswa, Nursaleh Hartaman menyampaikan “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama membuka jalan kami yang berminat studi lanjut dengan jalur beasiswa.

Semua pemberi beasiswa mempersyaratkan publikasi ilmiah pada jurnal atau forum ilmiah yang bereputasi. Semoga terus di kembangkan di masa yang akan datang”. Publikasi kolaboratif antara dosen dan mahasiswa menjadi jalan untuk meningkatkan produk publikasi.

Andi Luhur Prianto, selaku Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh mengatakan “fungsi-fungsi institusi jurusan dan program studi terus di kembangkan. Kita tidak hanya fokus di layanan akademik, tapi juga optimal di produksi dan publikasi karya ilmiah serta layanan pengabdian pada masyarakat. Tahun 2017 nanti kita targetkan, karya publikasi kolaboratif mahasiswa dan dosen itu sudah ekspansif pada jurnal dan konferensi ilmiah internasional yang bereputasi. Kita sudah siapkan jejaring mitra untuk pra kondisinya. Semoga ikhtiar ini dimudahkan”. Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh juga terus mengembangkan Jurnal Otoritas, menuju jurnal bereputasi dan terakreditasi Dikti di awal tahun 2018.

Pengembangan fungsi jurusan dan program studi pada aktivitas peningkatan produk ilmiah bereputasi merupakan salah satu misi utama dalam pencapaian visi jurusan Ilmu Pemerintahan yang berkemajuan.(*)

Komentar Pembaca