FORMAP-KIA Minta Agar Perda Keluarga Sehat Ditegakkan

0
114

Inspiratifnews.com-Bulukumba Sejak bulan November 2015 sampai sekarang persalinan di rumah meningkat di Kabupaten Bulukumba seperti yang terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Bulukumba. padahal sudah ada aturan yang mengatur bahwa dilarang bersalin di rumah yakni perda No. 7 Tahun 2014 Tentang Keluarga Sehat.

Menanggapi hal tersebut, Muhajir Ketua FORMAP-KIA mengatakan bahwa “perlu ketegasan pemerintah terhadap penegakan aturan, saat ini kita ingin aturan (Perda dan perbup) ini ditegakkan, ini kepentingan masyarakat. Terlalu banyak aturan dibuat tapi tidak diimplementasikan dengan baik. Aturan hanya menjadi rangkaian kata – kata indah saja ketika tidak ditegakkan dengan baik” katanya saat pertemuan tim koordinasi penegakan perbup No. 73 Tahun 2015, dinas kesehatan, hari ini senin (25/1/16)

Sementara Fasilitator EMAS USAID, Bakri Abubakar mengunkapkan, bahwa pada dasarnya penegakan aturan ini adalah untuk kepentingan masyarakat agar selamat dari proses persalinan.

“Kita mengharapkan semua ibu hamil bersalin di fasilitas karena apapun namanya kalau bersalin di rumah resikonya sangat tinggi selain fasilitas yang tidak lengkap juga tenaga kesehatan yang terbatas”, tambah Bakri

Tahun kemarin 2015 kematian ibu tercatat 7 orang, sekalipun menurun di tahun sebelumnya akan tetapi masih tinggi, sehingga dengan di tegakkannya aturan tersebut dapat meminimalisir angka kematian anak dan ibu khususnya di Bulukumba. (Uc2)

Komentar Pembaca