Forum Guru Besar ISKI, Deklarasi Komunikasi Makassar

0
131

 

Inspiratifnews.com – Makassar, Peringatan Hari Komunikasi Nasional (Harkomnas) telah berakhir, setelah berlangsung selama 3 hari yakni 11-13 Oktober, dan menghasilkan Deklarasi Komunikasi Makassar dari Forum Guru Besar Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI).

Adapun isi Deklarasi Komunikasi Makassar, ditanda tangani 17 Guru Besar se-Indonesia, Forum Guru Besar Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), berdasarkan pertemuan yang diselenggarakan pada hari selasa, 11 oktober 2016 lalu.

Dengan ini menyampaikan pokok-pokok pikiran yang terkait dengan perkembangan masyarakat khususnya Sarjana Komunikasi, sebagai berikut :

I. Kecerdasan komunikasi adalah suatu keniscayaan bagi masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan dan perubahan teknologi komunikasi informasi yang memasuki era yang semakin kompetitif, dimana dalam konteks ini kecerdasan komunikasi adalah kemampuan beradaptasi dan memanfaatkan segala peluang yang ditimbulkan akibat informasi teknologi komunikasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang berbasis pada nilai -nilai lokal dan jati diri bangsa, berwawasan luas serta memiliki kemampuan dalam memanfaatkan informasi dan teknologi. Kemampuan untuk mengelola perilaku komunikasi sesuai dengan perkembangan teknologi berdasarkan budaya Indonesia.

2. Mendorong keterlibatan Sarjana Komunikasi termasuk, secara aktif dalam memberikan pemikiran dan gagasan dalam memecahkan masalah komunikasi yang khas berdasarkan wawasan keindonesiaan.

3. Mendorong pernerintah untuk memberikan keleluasaan dalam pengembangan program studi ilmu komunikasi sesuai dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.

4. Mengembangkan ilmu komunikasi dengan menggunakan pendekatan multidisipliner secara kritis, aktif, dan inovatif berdasarkan wawasan
keindonesiaan.

5. Mengembangkan jaringan kerjasama antar perguruan tinggi khususnya profesor dalam kerangka berbagi sumber daya diseluruh program studi komunikasi pada perguruan tinggi di indonesia meningkatkan pendidikan.

6. Mendorong pernerintah untuk memfasilitasi pengembangan jurnal komunikasi nasional menjadi jurnal yang terindeks Internasional sebagai media pengembangan ilmu komunikasi dan pengembangan kualifikasi jabatan fungsional akademik dosen.

Nama – nama Forum Guru Besar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), sebagai berikut :

1. Prof. Anwar Arifin
2. Prof. Alwi Dahlan
3. Prof. Sasa Djuarsa
4. Prof. Ahmad Sihabudin
5. Prof. Alo Liliweri
6. Prof Atie Rahmawatie
7. Prof. Andi Alimudin Unde
8. Prof. Burhan Bungin
9. Prof. Neni Yulianita
10.Prof. Ibnu Hamad
11.Pasrof. Nunung Prajarto
12.Prof. Rusdi Muchtar
13.Prof. Andi Faisal
14.Prof.Henry Subiakto
15.Prof. Karim Suryadi
16.Prof. Rachma Ida
17.Prof.Widodo Muktiyo

Komentar Pembaca