Gagal SNMPTN, UNM Buka Pendampingan Gratis SBMPTN

0
96

Inspiratifnews.com – Makassar – Panitia Lokal 80 Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) SBMPTN 2016 menyatakan peserta yang tidak lolos SNMPTN masih memiliki kesempatan untuk mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016.

“Untuk pendaftaran dan informasi mengenai persyaratan dapat diakses melalui halaman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id, sedangkan Panlok 80 membuka pendaftaran pada tanggal 20 – 25 mei 2016, ujar Prof Sofyan Salam saat press confrence di menara phinisi, selasa (10/5).

Ia mengatakan peserta bidik misi yang tidak lolos seleksi SNMPTN bisa mengikuti SBMPTN 2016 dan calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id kemudian mendaftarkan diri.

Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kata dia, akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id, tanpa harus membayar biaya ujian.

“Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka yang bersangkutan harus mendaftar di http://pendaftaran.sbmptn.ac.id menggunakan pasangan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bidikmisi Ditjen Dikti untuk mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN tanpa harus membayar biaya untuk mengikuti ujian SBMPTN (gratis),” kata dia.

Ia menuturkan calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka yang bersangkutan harus mendaftar di http://pendaftaran.sbmptn.ac.id menggunakan pasangan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bidikmisi Ditjen Dikti.

“Tetapi yang bersangkutan diharuskan melakukan pembayaran biaya untuk mengikuti ujian SBMPTN (menggunakan Slip Pembayaran yang diperoleh dalam pendaftaran SBMPTN) sebelum dapat mencetak Kartu Tanda Peserta,” ujar dia.

Panlok 80 melakukan 2 metode ujian yakni Paper Based Testing (PBT) untuk semua kelompok ujian dan kelompok ujian soshum dan saintek dengan Computer Based Testing (CPT), hanya saja peminat untuk computer sistem sudah tutup karena sudah full dalam empat hari terakhir ini, penggunaan Sistem komputer untuk menguji kejujuran para peserta ujian.

Sementara itu, Pendaftaran PBT/CBT dimulai 25 april -5 mei 2016. Ujian PBT/CBT 31 mei 2016. Sedang ujian keterampilan 1-2 juni 2016. Sedang pengumuman 28 juni 2016. Selain itu panlok 80 UNM juga menyediakan layanan pendampingan gratis SBMPTN 2016, pungkas Sofyan. (ish)

Komentar Pembaca