Gaji Karyawan RM.Ulu Juku Tidak Sesuai UMK

0
274

Inspiratifnews.com – Makassar, Miris 130 karyawan sebuah Rumah Makan yang sebenarnya sederajat dengan resto malah mengabaikan aturan dan undang undang ketenagakerjaan dimana 130 karyawan tersebut mendapatkan upah tergantung dari kemampuan dan skill masing masing.

Menurut salah seorang karyawan yang sudah keluar dari rumah makan tersebut dan memaparkan dimana dirinya dulu yang bekerja selama 4 tahun bahwa hampir semua karyawan di rumah makan tersebut mempunyai gaji di bawah standar UMK, dengan keberanian dia paparkan pada awak media agar semua karyawan disana dapat terbantukan (03/04/2016).

Lebih lanjut lagi karyawan ini yang berinisial (A) memaparkan bahwa dirinya bekerja selama kurang lebih 4 tahun cuma mendapatkan upah 1,4 dan tanpa jaminan kesehatan pula. Tuturnya saat dikonfirmasi di kediamannya.

Sementara pengkuan Yudi salah seorang manager dan personalia saat kami konfirmasi di Rumah Makan Ulu Juku Jalan Racing Centre Makassar membeberkan bahwa karyawan disini memang mempunyai gaji bervariasi, tergantung keahlian bahkan ada juga yang dapat gaji perhari.

Ia juga mengatakan dari sekian banyak karyawan yang dipekerjakan hanya berkisar belasan yang mempunyai gaji UMK, tambah Yudi di Kantornya Rumah Makan Ulu Juku, anehnya juga menurut Yudi semua karyawanya telah di daftarkan pada Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER) Kota Makassar.

Sementara Rahmat Mappatoba Kabid Pembinaan Hubungan Industrial Dinas Kota Makassar sangat menyesalkan keterangan salah satu manager dan personalia rumah makan Ulu Juku itu, standar gaji UMK karyawan itu seharusnya dari 0-1 tahun, ujar Kabid Kesejahteraan.

Kata dia lebih lanjut lagi mengomentari hal ini menurutnya jika melebihi setahun itu ada lagi namanya upah sundulan yang diambil dari 3% dari besaran gaji sebelumya  dan apaun bentuknya karyawan itu tidak boleh di katakan pekerja baru atau lama, tegas Kabid ketika di konfirmasi via selulernya.(ish)

Komentar Pembaca