GAMMARA, Pesan Nyata dari Karya

0
252

GAMMARA, Pesan Nyata dari Karya
Oleh : Hasrullah Hafid*

GAMMARA adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika. Begitulah seorang kawan berucap kepadaku, Sebuah defenisi yang paripurna.

Beliau adalah Ketua DPD KNPI Jeneponto, Tokoh pemuda yang menjadi inisiator manifesto jeneponto gammara. Tentu saja hal ini menjadi sebuah selebrasi karya maha agung dari pemuda sebab bagiku ini bukanlah sekedar parade biasa, sebab melibatkan ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi kemudian diberi bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk gerak yang simbolis, sebagai ungkapan kecintaan kepada daerahnya.

Langkah nyata yang dicontohkan sebagai perwujudan atas kesadaran diri ini telah memicu semangat kepemudaanku, bahwa sejatinya Pemuda harus mengembalikan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme untuk mengangkat Moral Perjuangannya dalam Pembangunan Daerah. Terimah kasih kawan, Anda adalah sejatinya Jeneponto dalam defenisi gammara.

Dan memang pemuda adalah ujung tonggak tegaknya sebuah peradaban, Eksistensi pemuda adalah bagunan budaya sebab itu adalah catatan nyata karpet merah sejarah bangsa dalam perhelatan historis yang cukup panjang. Disini peran strategis fundamentalisme kepemudaan menjadi sesuatu yang sacral sebab untuk pemuda tuntutan perubahan berubah wujud menjadi kewajiban. Disinilah nilai pesan yang tertangkap olehku disaat melintasi kabupaten yang memang telah tertata gammara dalam kacamata saya sebagai pengunjung.

Sejenak, Nalar objektifku mengintervensi naluriku, Jeneponto Gammara adalah disposisi nyata yang bisa menuntun kaum muda untuk tarus berkreasi dalam karya, untuk selalu mentranspormasikan makna dalam setiap ruang. Sudah saatnya Jeneponto Gammara digaungkan tidak sekedar slogan, tapi sudah harus membudaya menjadi sebuah nilai yang menjadi basis kewargaan di kabupaten turatea, Sebab saat ini mimpi dan narasi agung Jenepnto Gammara sedang dieja dalam berbagi perspektif. Dan untuk itu dibutuhkan Penetrasi intelektual Pemuda untuk menekan wacana kontra dogtrinasi.

Lewa, Bangun teruslah peradabanmu, teruslah menghimpun jalinan tali karyamu untuk Jeneponto, Teroponglah jauh visi pemimpin daerahmu yang terbingkai dalam proyeksi masa depan yabg terencana secara strategis, dan Pertahankanlah nilai KEGAMMARAAN dalam nilai dan tradisi JENEPONTO. Sebab Bagiku JENEPONTO GAMMARA adalah Defenisi TURATEA Dimasa depan.

*Aktifis Pemuda Jenponto

Komentar Pembaca