Gerakkan Dakwah Muhammadiyah, Darul Fallaah Unismuh Cetak Da’i Muda

0
30

Inspiratifnews.com-Gowa Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Fallaah Bissoloro Unismuh Makassar menggelar Pelatihan Da’i Muda Muhammadiyah yang bertempa di Masjid Al-Aqabah Hutan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar Desa Bissoloro Kec. Bungaya Kab. Gowa, Jum’at (5/1/2018)

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 72 orang peserta yang terdiri dari seluruh siswa kelas 11 dan 12 Madrasah Aliyah Darul Fallaah Unismuh, utusan Pimpinan Ranting IPM Buakkang, Rannaloe, Uminda Tanakaraeng dan PC IPM Bungaya.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga sekaligus Direktur Kegiatan ini Muhammad mengatakan bahwa Pelatihan Da’i Muda Muhammadiyah kali ini merupakan kegiatan pertama dari rangkaian rencana kegiatan tindak lanjut TOT Kulliyyatul Muballighin Majelis Tabligh PW Muhammadiyah Sulawesi Selatan yang diadakan di Bantaeng beberapa waktu yang lalu.

“diharapkan mampu menghasilkan kader-kader Da’i Muda yang bisa menggerakkan kegiatan dakwah di masjid-masjid yang ada di kecamatan Bungaya bukan hanya untuk Persyarikatan Muhammadiyah semata, sehingga pendekatan yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah pendekatan tutorial dan praktek” ungkap Abduh

Sementara itu Direktur Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh Makassar Dr. Dahlan Lama Bawa, M. Ag dalam sambutannya mengharapkan kegiatan pelatihan Da’i Muda Muhammadiyah dapat turut menguatkan jati diri kader muda Muhammadiyah.

“Da’i Muda Muhammadiyah harus mampu mengantisipasi tantangan yang dihadapi dewasa ini” pungkasnya

Wakil Ketua Majelis Tabligh PW. Muhammadiyah Sulsel Drs. H. Mansyur Qadir, M. Ag yang hadir dan sekaligus membuka kegiatan tersebut mengingatkan bahwa Muhammadiyah dapat terus bertahan dan berkembang meski telah berusia 105 tahun karena ciri khas gerakannya yaitu dakwah tetap berjalan.

“Jika gerakan dakwah Muhammadiyah hilang, maka persyarikatan Muhammadiyah perlahan hilang pula. Tantangan dakwah Muhammadiyah bukan hanya di atas podium semata, tantangan dakwah kini bahkan menyentuh dunia multimedia. Diharapkan skill yang akan dibimbing bukan hanya retorika semata, tetapi literasi dakwah juga amat penting diajarkan bagi peserta” tuturnya.

Pelatihan Da’i Muda Muhammadiyah di Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh berlangsung selama 3 hari dari tanggal 5 sampai 7 Januari 2018 dengan bobot materi meliputi Hakikat Islam dan Misi Muhammadiyah, Bimbingan Ibadah Praktis, Kepribadian Muballigh Muhammadiyah, Retorika dan Bimbingan Khutbah, Bimbingan Penulisan Naskah Ceramah dan Khutbah, Problematika Remaja dan Akhlak Bermasyarakat.

Selain itu juga akan ada model pembelajaran praktek langsung setiap sesudah shalat dan pada hari terakhir yang dibimbing oleh para ustadz pembina Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh Makassar di Bissoloro. (rls)

BAGIKAN

Komentar Pembaca