Grab Indonesia : Lowongan Kerja di Makassar itu Modus

0
329

Inspiratifnews.com – Makassar, Terkait pemberitaan mengenai lowongan kerja Grab Indonesia, yang akan membuka cabang dan melakukan perekrutan dikota Makassar, dan telah melakukan press confrence bersama awak media, menurut rencana akan melakukan penerimaan karyawan baru pada hari sabtu, 4/6/2016 lalu.

Berkaitan hal itu, GRAB Indonesia melakukan klarifikasi ,berita yang disampaikan oleh Managing Director untuk Grab Indonesia menyatakan, pemberitaan mengenai pembukaan kantor dan penerimaan karyawan hingga ratusan orang tidak benar dan palsu.

Pihak Grab Indonesia melakukan konfirmasi langsung ke beberapa media cetak, elektronik, maupun online terkait pemberitaan yang mengatasnamakan Grab Indonesia di Makassar, berikut petikan surat keberatan Grab Indonesia pada awak media :

“Untuk menghindari kesalah-pahaman, melalui surat ini perkenankan kami untuk memberikan pernyataan dan klraifikasi terkait pemberitaan baru-baru ini mengenai pembukaan kantor cabang dan layanan Grab di Sulawesi Selatan dan Makassar.

Grab tidak/belum membuka kantor cabang atau menghadirkan layanannya di Sulawesi Selatan dan Makassar, seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu. Sebagai tanggapan atas acara konferensi pers and pengumuman yang dilakukan pada tanggal 3, Juni 2016 di Makassar, oleh pihak-pihak yang mengaku mewakili Grab Indonesia, kami ingin mengklarifikasi bahwa Grab Indonesia tidak memiliki hubungan apa pun dengan pihak berinisial ‘AAL’ yang mengaku sebagai ‘‘Human Resource Development (HRD) PT Grab Regional Makassar’ atau pun pihak berinisial ‘AM’ yang mengaku sebagai ‘Deputi Head Vertikal PT. Grab Indonesia for Makassar,’ dan tidak pernah memberikan otoritas atau izin apa pun kepada kedua inidividu ini atau pihak mana pun untuk menggelar acara konferensi pers atau melakukan pengumuman yang mengatas namakan Grab Indonesia di Makassar.” tulisnya.

Sementara itu pihak yang mewakili Grab Indonesia di Makassar yakni ‘AAL’, saat dikonfirmasi mengaku jika adanya miskomunikasi dengan pihak Grab dikantor pusat Jalan Cikini 2, No.8, 10330 Menteng, Jakarta Pusat.

“Kami sudah mengkonfirmasi ke sana, kami ada miskomunikasi, jadi silahkan konfimasi langsung saja di Grab pusat,”kata AAL saat dihubungi via selularnya.

Berbeda dengan pernyataan Ekhel Liu selaku PR Manager Grab Indonesia yang mengatakan, jika tidak pernah ada penunjukan langsung kepada AAL dan rekannya dalam membuka kantor di Makassar bahkan merekrut driver Grab sekalipun.

“Pihak Grab Indonesia tidak pernah menunjuk langsung pihak AAL dan rekannya, di Makassar. Kami belum tahu apa latarbelakang dan niat mereka mengundang wartawan di Makassar untuk konferensi pers, sekaligus menyampaikan pembukaan kantor dan perekrutan driver.”tegas Akhel Liu.

Dari data yang dihimpun inspiratifnews.com, bahwa perekrutan ilegal ini kerap kali terjadi, dan sangat merugikan calon pekerja. Salah satu contoh perusahaan Semen Bosowa pun pernah mengklarifikasi hal serupa melalui media tahun lalu. sebab ada pihak – pihak yang melakukan pendaftaran gratis dan dijamin keterima pada perusahaan tersebut, namun mesti membayar kamar sebuah hotel ternama dimakassar kalau pelamar itu berada diluar makassar, dan menjanjikan gaji sebesar Rp.9juta diluar tunjangan lainnya, oleh karena itu, pihak ilegal itu pun berjanji akan mengembalikan biaya akomodasi pelamar jika sudah diterima, namun pada saat itu pula pihak semen bosowa tidak sedang melakukan perekrutan. maka diharapkan pelamar pekerjaan mesti berhati – hati dan melakukan kroscek tentang informasi lowongan pekerjaan terlebih dahulu.(*)

Komentar Pembaca