Gugus VI Laikang, Study Visit Ke SDN 185 Inpres Salambu

0
59

Inspiratifnews.com-Takalar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 185 Inpres Salambu secara geografis terletak di dusun Malelaya Desa Punaga Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar, merupakan sekolah asal ibu Mariana, S. Pd. I, M. Pd.I yang sekaligus sebagai PLT Kepala Sekolah dan salah satu fasilitator daerah (fasda) program buku bacaan berjenjang (B3) Kabupaten Takalar. Pagi tadi, SDN 185 Inpres Salambu menerima kunjungan belajar (study visit) dari 5 Sekolah imbas yang tergabung dalam gugus VI Laikang Kec. Mangarabombong yang terdiri dari guru kelas awal dengan total peserta 15 orang, (10/3/2016).

Mariana saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan study visit tersebut, untuk menyaksikan secara langsung praktik penggunaan big book (B2) dan buku bacaan berjenjang (B3) dengan strategi membaca bersama dan membaca terbimbing. Kunjungan sekolah tersebut telah direncanakan sebelumnya pada saat pertemuan KKG kelas awal di gugus VI Laikang pada tanggal 5/3/2016. Saat itu dia diberi kesempatan untuk menjelaskan strategi membaca bersama dengan big book dan strategi membaca terbimbing dengan buku bacaan berjenjang. Akhirnya para peserta sepakat untuk berkunjung ke SDN 185 Inpres Salambu untuk menyaksikannya secara langsung.

“Hari ini merupakan suatu kesyukuran dan kebanggaan tersendiri bagi sekolah kami, karena sekolah kami kedatangan tamu dari 5 sekolah imbas gugus VI Laikang dalam menyaksikan secara langsung strategi membaca terbimbing dan melihat big book dan B3 nya,” ungkap Mariana.

Ibu Syarifah Jannati dari SDN 184 Inpres Boddia sebagai salah satu peserta dalam kunjungan tersebut mengatakan, kami juga sangat tertarik dengan buku-bukunya termasuk big book dan B3-nya, karena kendala kami dalam mengajar membaca adalah memilih buku yang sesuai kemampuan membaca siswa. Buku ini juga bisa membuat anak termotivasi untuk membaca karena disertai dengan gambar.

“Teman-teman gugus VI Laikang juga sangat berharap mendapatkan bantuan buku B3, untuk membantu mereka dalam mengajar membaca, dan ini sangat sejalan dengan keinginan kepala UPTD Kec. Mangarabombang bahwa di kelas awal itu guru hanya fokus mengajar calistung (membaca,menulis dan berhitung),” tutup Mariana. (uc2)

Komentar Pembaca