Gunakan B3, Siswa Antusias Membaca dan Mewarnai

0
59

Inspiratifnews.com-Takalar Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di kota Butta Panrannuangku.

Sepekan yang lalu Dikbudpora Kabupaten Takalar telah mengutus 4 orang fasilitator daerah (fasda) kelas awal untuk mengikuti Pelatihan untuk Pelatih (ToT) Modul III Praktik yang Baik dalam Pembelajaran SD/MI Program Buku Bacaan Berjenjang (B3) tingkat provinsi selama lima hari di hotel M. Regency Makassar.

Ibu Mariana, S. Pd. I, M. Pd. I merupakan guru kelas 1 SDN 185 Inpres Salambu dan termasuk salah satu fasda B3 Takalar yang langsung menerapkan salah satu strategi pembelajaran yang telah didapatkan pada saat ToT Modul III yaitu membaca terbimbing. Strategi membaca terbimbing merupakan metode baru yang ia dapatkan dan langsung menerapkannya dalam pembelaran di kelasnya, (2/3/2016).

“Metode baru ini sangat bermanfaat buat saya, karena sudah lama saya mengajar di kelas 1, baru kali ini bisa mengajar membaca terbimbing dan siswa sangat senang dan antusias, dan semakin bisa mengenali bacaan karena melihat gambar yang ada,” jelas Mariana, yang merupakan PTL Kepsek SDN 185 Inpres Salambu.

Dalam pelaksanaan membaca terbimbing, siswa yang terbimbing dikelompokkan dalam kelompok kecil dan siswa yang lainnya diberikan lembar kerja siswa (LKS).

“Siswa terbimbing saya khususkan bagi yang belum terlalu mengenal huruf sebanyak 7 orang dan yang lain saya beri gambar kuda yang ada di kandang untuk diwarnai. Kemudian saya beritau yang belum dapat giliran hari ini akan dapat nanti di hari lain, jadinya mereka sangat antusias mewarnai,” tambahnya.

USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan akan mendonasikan buku bacaan berjenjang sebanyak 600 buku persekolah kepada 71 SD/MI di Kabupaten Takalar dengan 6 jenjang terdiri dari 75 judul, 6 big book dan 6 buku panduan guru dan LKS siswa.

“Buku bacaan berjenjang tersebut akan dibagikan dalam waktu dekat ini, setelah pelatihan ditingkat gugus terlaksana,” ujar Sulaiman, Program Asisstant USAID PRIORITAS Kab. Takalar. (uc2)

BAGIKAN

Komentar Pembaca