Guru Agama SMPN 3 Sinjai Timur Gagas Komunitas Menghafal Al-Qur’an

0
87

Inspiratifnews.com,Sinjai-Dari luar SMPN 3 Sinjai Timur tampak tidak berbeda dengan SMP-SMP lain tetapi ketika kita mulai memasuki halaman sekolah utamanya saat hari Jum’at maka rombongan siswa berbondong-bondong menuju mesjid sekolah untuk menyetorkan hafalan ayat-ayatnya kepada guru agama mereka, mungkin sekilas kita akan menganggap hal tersebut sebagai tugas semester atau ulangan harian tetapi setelah mendapatkan penjelasan dari guru agama tersebut bahwa kegiatan itu telah rutin dilaksanakan dan itu diluar tugas sebagai siswa SMP. Sebab mereka-mereka yang menyetorkan hafalan ayat tersebut telah berkomitmen untuk menghafalkan Al-Qur’an.

Sebelum seorang siswa benar-benar tergabung dalam komunitas menghafal tersebut terlebih dahulu harus mengikuti jenjang atau semacam syarat yang betul-betul membuat siswa lebih mantap lagi untuk menghafal. Jenjang itu dimulai dengan menghafal surah Ar-Rahman dan Al-Waqiah setelah para siswa menghafalkan secara fasih maka mereka bisa melanjutkan kepada Rumah Tahfidz untuk betul-betul memperdalam bacaan dan hafalan Al-Qur’an para siswa. Menurut pengakuan beberapa pihak bahwa para siswa yang tergabung dalam komunitas penghafal tersebut termasuk siswa yang menonjol dikelasnya masing-masing.1384258_550208838385533_1443783220_n

Dengan adanya komunitas menghafal Al-Qur’an ini diharapkan oleh guru agama bahwa para siswa memiliki karakter yang baik, mengingat fenomena kehidupan anak remaja hari ini yang semakin jauh dari nilai-nilai islami. Lebih lanjut pula menurut guru agama yang menjadi penggagas komunitas tersebut bahwa kegiatan itu terinspirasi dari Ust. Yusuf Mansur dan harapannya bahwa komunitasnya mampu menjadi pendorong lahirnya generasi penghafal Al-Qur’an yang tentunya itu perlu proses dan kerja keras serta semangat maupun motivasi dari siswa yang tergabung dikomunitas tersebut.(AHD)

Komentar Pembaca