Gus Ipul Resmikan Mini Market 212 Surabaya

0
22

Inspiratifnews.com – Surabaya, Dalam situasi ekonomi yg penuh tantangan, dan himpitan toko modern yang telah mendekat ke perkampungan, Komunitas Koperasi Syari’ah 212 Surabaya (KKS 212 Surabaya) menggalang ‘dana wong cilik’ untuk bersatu dan mendirikan toko modern sejenis.

Bila tabungan wong cilik selama ini tidak bisa digunakan berbisnis karena kecil jumlahnya, maka dengan sistim koperasi, hal ini bisa diatasi. Dana kecil yang banyak jumlahnya ini menjadi besar karena terkumpul dalam sebuah komunitas dan koperasi.

Tabungan di bank dengan ‘bunga suka-rela’ saat ini, sangatlah tidak menguntungkan masyarakat bawah. Untuk itu, bergabungnya ‘dana wong cilik’ ini dalam sebuah usaha sendiri, menurut Eko, terasa akan lebih menguntungkan.

Ir. Eko Yudhi, Ketua KKS 212 Surabaya menandaskan, peserta yang ikut patungan hendaknya bersabar, keuntungan mini market ini akan bisa dilihat pada tiap akhir tahun, dan akan diaudit oleh akuntan yang ahli di bidang ini.

Jadi, bagi yang ingin untung besar dengan dana yang kecil dalam waktu cepat, keikut-sertaan di komunitas ini kurang tepat. Peresmian di Manukan Wonorejo hari ini, 27 Agustus 2017 yang diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Gus Ipul, dihadiri oleh Pengurus Pusat Koperasi Syari’ah 212 Dr. Ahmad Juwaini, dan para ulama MUI Surabaya, merupakan mini market 212 Surabaya yg pertama. Dan akan disusul oleh mini market yang ke dua dan seterusnya. Ratusan warga sekitar yang hadir memeriahkan peresmian Mini Mart ini.

Di akhir acara, masyarakat yang ingin bergabung dan belanja di toko sendiri, dapat ikut investasi dengan dana sebesar 1-5 juta rupiah per orang nya. Dengan catatan, tidak boleh diambil sebelum 5 tahun, karena untuk perputaran modal usaha mini market tersebut.

Pendaftaran dapat dilakukan di setiap Mini Market 212 Surabaya, dan di Sekretariat Komunitas Koperasi Syari’ah 212 Surabaya (KKS 212 Surabaya) Purimas Regency Blok B3 no 57 Gunung Anyar Surabaya.

Menurut penuturan Eko Yudhi, Ketua KKS 212 Surabaya, dana patungan yang masuk setelah hari ini, akan dialokasikan untuk pendirian Mini Market 212 Surabaya yang ke dua dan seterusnya.

Eko berharap, Bergabungnya Dana Wong Cilik ini akan menyelamatkan perekonomian wong cilik pada khususnya dan kokohnya perekonomian negara pada skala yang lebih besar.

Terakhir, Eko mengingatkan, agar kita bersama-sama membesarkan sistem koperasi yg dirancang dan diluncurkan oleh Muh. Hatta wakil presiden kita yang juga putra seorang ulama.

Andrik Arifin, anggota komunitas koperasi yang beralamatkan di Manukan jaya Blok 20-O no. 6. Kec.tandes Manukan Surabaya, mewakili warga setempat, menyampaikan terima kasih nya kepada komunitas 212 yg secara nyata, peduli terhadap masyarakat bawah. Serta menyampaikan himbauan kpd warga Manukan agar mau berbelanja di toko modern milik wong cilik ini.

Ratnawati, anggota lain yang tinggal di Manukan, juga menyatakan Mini Market 212 ini riil dana ‘wong cilik’ dan nyata-nyata dikumpulkan untuk kepentingan wong cilik dan akan dinikmati oleh wong cilik. Ratnawati mengajak kepada masyarakat untuk ikut memiliki toko ini dg bergabung dan mendaftar di Mini Market 212 ini. (*) 

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca