Hadiri US- Asean Summit, Presiden Jokowi Bertolak Ke AS

0
68

Inspiratifnews.com-Jakarta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pagi ini akan berangkat ke Amerika Serikat. Jokowi akan menghadiri pertemuan US-ASEAN Summit di Sunnyland, California.

Pertemuan itu dijadwalkan akan diikuti oleh 10 kepala negara dari negara-negara ASEAN, termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Berdasarkan agenda kegiatan Presiden yang diterima dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden. Ahad, (14/2/2016), Jokowi akan bertolak menuju AS dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada pukul 08.35 WIB. Selama di Amerika, Jokowi rencananya didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan beberapa Menteri di Kabinet Kerja. ‎

Forum ASEAN-US Summit tersebut resmi dibuka dan diselenggarakan pada 15-16 Febuari 2016. Dalam pertemuan ini, delegasi RI akan membawa 2 isu utama, yakni soal ekonomi dan tantangan keamanan di kawasan.‎

Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut juga akan mendapat kehormatan memimpin pertemuan antarkepala negara yang membahas pemberantasan terorisme. Menurut Direktur Kerja Sama Antar-Kawasan ASEAN Kementerian Luar Negeri, Derry Amman, permintaan itu langsung datang dari Presiden AS Barack Obama.

“Mengenai pemberantasan terorisme Presiden Obama telah meminta Presiden Jokowi untuk memimpin pembahasan mengenai kontraterorisme ini,” ucap Derry di kantor Kemlu, Jakarta, Kamis 11 Februari 2016 yang dilansir Liputan6.com

Permintaan itu menurut dia datang dengan dasar yang kuat, karena Obama menggangap Indonesia punya pengalaman mumpuni dalam hal ‎menanggulangi terorisme. “Sebab itu Obama meminta Presiden RI untuk menjadi lead discussion dalam kontraterorisme,” ujar Derry.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut mendamping Jokowi selama acara tersebut mengatakan, forum ASEAN-US Summit merupakan pertemuan penting yang membahas hubungan antara Amerika Serikat dengan negara-negara ASEAN.

Terlebih, saat ini ASEAN telah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dimulai pada awal 2016.

“Jadi, ‎ASEAN-US Summit karena tahun kemarin Oktober atau November kita negara-negara ASEAN dengan US memiliki kemitraan yang baru, strategic partnership, kita memiliki plan of action sampai 2020,” ucap Retno.‎

Pertemuan ini juga akan menjadi forum bagi para pemimpin untuk memperkuat kerja sama di bawah payung kemitraan strategis AS-ASEAN yang diluncurkan pada November 2015 di Kuala Lumpur yang fokus pada isu-isu politik, keamanan, dan ekonomi. (Uc2)

Komentar Pembaca