Harga Telur Ayam Ras Melonjak

0
204
Inspiratifnews.com-Bone, Harga telur ayam ras di Kabupaten Bone naik dari sekitar Rp35 ribu per rak menjadi Rp45 ribu per rak. Satu di antara pedagang telur di Bone, Yati mengatakan, kenaikan harga telur itu belum bisa diketahui sebabnya. Dia menjelaskan, umumnya kenaikan harga telur terjadi menjelang perayaan keagamaan, seperti Idul Fitrih, Idul Adha, ataupun Maulid. Itupun, kata dia, kenaikan harga hanya berkisar Rp2 ribu per rak.
“Tahun lalu, ada kenaikan tapi tak seperti sekarang. Sekarang saya jual telur ayam Rp 41 ribu per rak, baru kali ini jual semahal itu. Ya mau bagaimana lagi, belinya juga tinggi,” katanya, Minggu (21/2/2016). “Jadi jualnya menyesuaikan. Kalau dulunya jual Rp35 ribu per rak, sekarang sudah Rp41 ribu per rak. Padahal harga saat lebaran selalu jadi patokan harga tertinggi. Sekarang malah lebih tinggi lagi,” tambahnya.
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Bone, A Sumardi Sulaeman mengatakan, pihaknya belum mengetahui adanya kenaikan telur ayam ras. Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya akan meninjau harga telur itu di pasaran. “Memang pernah ada kenaikan. Tapi itu dulu saat acara peringatan Maulid Nabi. Sehingga kita melakukan sidak di pasar. Kalau sekarang ada kenaikan, kemungkinan disebabkan harga pakan ayam yang mengalami kenaikan,” jelasnya. (ish)

Komentar Pembaca