Hasil Rakernas KEMENRISTEKDIKTI Dorong Pembangunan SDM

0
65

Inspiratifnews.com-Jakarta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI , telah usai menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2016 di Gedung Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Jakarta, Selasa (02/02/2016).

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan Rapat Kerja Nasional Kemenristekdikti 2016 menghasilkan dua keputusan strategis, diantaranya pembangunan sumber daya manusia, terutama melalui perguran tinggi serta mendorong semua riset dan teknologi sampai ke hilir.

Terkait pembangunan Sumber Daya Manusia Nastir mengatakan “Yang akan kami lakukan untuk pembangunan sumber daya ini adalah kunjungan profesor Indonesia ke luar negeri atau dari luar negeri guna meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia,” ucapnya  usai penandatanganan Deklarasi Bersama Program Nusantara di Gedung Dikti Senayan, Jakarat seperti yang dilansir Antara.

Namun yang tak kalah pentingnya adalah, Kemenristekdikti juga akan mengupayakan, semua riset yang telah dikembangkan berujung pada hirilisasi. Namun, tak menampik, Nasir menyebut itu memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

The end-nya harus hilirisasi dan komersialisasi, cuma waktunya itu nanti lima tahun, atau 10 tahun, ini harus kita mapping-kan,” ujar Nastir.

Namun, untuk mempercepat itu, Nasir menambahkan, Kemenristekdikti punya strategi khusus untuk itu. Ia mencontohkan, seperti pengelompokan untuk riset bagi setiap universitas, agar tidak terjadi duplikasi penelitian, sehingga penelitian tidak bergerak.

“Nanti kami kelompokkan, sehingga setiap tahun menghasilkan inovasi apa, biar kelihatan,” tuturnya.

Komentar Pembaca