Hati-hati Berkendara, E-Tilang Segera di Berlakukan

0
143

Inspiratifnews.com – Makassar, Seorang personel Polantas mencegat pengendara sepeda motor di Jalan Landak, Makassar, Kamis (2/3/2017). Pengendara yang dimaksud rupanya seorang wanita. Parasnya cukup cantik. Ia tak menggunakan pengaman kepala alias helm.

Mengaku bernama Nurianti. Saat ditanyai, wanita itu tak bisa memberi alasan pembenaran. Bukannya mengeluarkan surat tilang, polantas itu jutru mengeluarkan ponselnya. Mau minta nomor ponsel Nurianti? Ternyata tidak!

Aipda Misdo, memperkenalkan Tilang Elektronik atau E-Tilang, kepada Nurianti. Memang, adegan ini merupakan simulasi dari penerapan E-Tilang itu sendiri. Simulasi digelar Dirlantas Polda Sulsel.

Kepada Nurianti, Mido menjelaskan pasal yang dilanggar. Yakni Pasal 291 ayat 1 junto 106 ayat 8.

Aipda Misdo meminta Nurianti untuk membayar tilang di Bank BRI. Nilai tilangnya, Rp250 ribu. Cukup mahal juga. Apalagi jika di tanggal tua. Sepeda motornya, tetap disita sementara.

“Sudah saya bayar pak. Ini slipnya,” ungkap Nurianti kepada Misdo, tak lama kemudian.

Misdo pun memberikan roda dua milik Nurianti setekah ia mengecek di ponselnya, bahwa tilang Nurianti sudah terbayarkan. Misdo kembali memperingatkan Nurianti agar tidak melanggar lalulintas lagi.

Lewat E-Tilang ini, tak ada lagi pelanggar yang bisa “atur damai” dengan polantas. Dengan nilai denda yang cukup besar, pengendara juga akan berpikir-pikir jika akan melanggar lalulintas.(syukur)

Komentar Pembaca