HIMIKOM UMI Rutin Realisasikan Program Kerja

0
207

Inspiratifnews.com – Makassar, Sejak prodi komunikasi mulai hadir di kampus 2009, kegiatan kemahasiswaan juga semakin gencar dilaksanakan secara kontinyu. Pengurus himpunan yang senantiasa berganti  dengan masa waktu periode kepengurusan satu tahun, dengan beragam program kerja direalisasisasikan.

Demikian ditegaskan Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMIKOM)  UMI Makassar 2015-2016, Muh Yunus ditemui  di ruang F9 gedung Fakultas Sastra dan Ilmu Komunikasi, pekan lalu.

Dijelaskan, selama periode kepengurusannya program kerja yang sudah terealisasi di antaranya; acara Dimensi Komunikasi, merupakan kegiatan tahunan Ilmu Komunikasi UMI diadakan di Auditorium Al-Jibra, Kamis (17/12/2015) dengan tema ‘’Be a Good Broadcaster’’, menghadirkan Arham Halwin Rani seorang Jurnalis TV sekaligus Produser TV di TVRI dan Ulfah Djalawali seorang Presenter dan Host di MNC Media iNews, tegasnya.

Kegiatan kedua adalah, gelar karya bertujuan mengalih dan membangun potensi mahasiswa bidang ilmu komunikasi khususnya dalam bidang film dan fotografi. Kegiatan ini bertemakan ‘’Kebebasan Dalam Berkarya’’ diselenggarakan di gedung Fakultas Sastra dan Ilmu komunikasi UMI, dibuka  Wakil Rektor III UMI, Kamis (15/10/2015), dihadiri oleh dekan fakultas sastra dan ketua prodi ilmu komunikasi beserta jajarannya.

Selain itu juga ada kegiatan Pekan Komunikasi  dilaksanakan 11-13 Maret 2016 di Taddeang, Maros  dibuka secara resmi oleh ketua Jurusan Ilmu komunikasi Abd Majid Mansah S.Sos M.Si dan dihadiri beberapa dosen lainnya.

Selama menjadi ketua HIMIKOM. tugas dan program kerja yang perlu diselsaikan begitu banyak seperti mengontrol dan mengkoordinasiakan semua anggota untuk tetap kompak atau mengatur strategi merangkul semua anggota serta bagaimana menjalankan program  himpunan, katanya.

Menjalankan amanah dan tanggung jawab tersebut tidaklah semudah  dibayangkan. Pasti ada tantangan dan masalah perlu dihadapi mulai dari masalah eksternal dan internal, tandasnya

Terkadang ada ketidaksepahaman dan larangan dari ketua jurusan dan birokrasi kampus melakukan kegiatan diluar kampus hingga ancaman skorsing bagi yang melanggar peraturan tersebut, serta larangan bermalam di kampus. Namun untuk menyelesaikan masalah tersebut perlu perhatian dan keberanian berbicara dan menghadap langsung kepada ketua jurusan dan juga birokrasi kampus terutama WR III agar memberi izin untuk melakukan kegiatan diluar kampus, ungkapnya.

‘’Alasan memilih  diluar kampus terutama kegiatan pekan. Sebelumnya seluruh kegiatan HIMIKOM selalu diselenggarakan di kampus. Saya rasa mahasiswa merasa bosan dan tidak leluasa berkarya maupun berfikir. Jika dilakukan diluar kampus,  pasti sangatlah berbeda karena diluar sana mereka bisa lebih berkreasi dan berkembang’’ tutur  Yunus.

Prodi komunikasi cukup diminati  mahasiswa baru terutama bagi mereka yang telah mengetahui pentingnya menggeluti jurusan ini. Disamping karena jurusan ini begitu menarik, seru dan tidak terlalu menegangkan, peluang kerja kedepannya sangat menjanjikan karena didukung  kemajuan teknologi yang begitu pesat serta meningkatnya dunia perfilman dan media massa baik itu media cetak, elektronik dan online, ungkap Yunus.

Yunus lahir di Malaysia 20 Oktober 1993. Tamat  SD Inpres 3/77 Jaling, SMP Negeri 2 Awangpone, SMAN 1 Awangpon Bone Sulsel. Sejak menuntut ilmu mulai dari SD sampai SMA ia selalu mendapat peringkat tak pernah keluar dari lima besar.  Ia selalu aktif mengikuti kegiatan keorganisasian dan ekstrakurikuler. Seperti saat SMA ia mengikuti kegiatan OSIS sebagai koordinator di bidang seni, dan pramuka pada  anggota  bidang pengkaderan.

Saat masuk UMI Makassar aktif dan sempat menjabat sebagai pengurus di UKM LDK Ashabul Kahfi UMI, Pengurus FSI Al-Adaab, pengurus kegiatan organda DPC Kepmi Awangpon. Bone, sebagai anggota dalam kegiatan Dompet Dhuafa.

Periode kepemimpinan di HIMIKOM berakhir lewat Mubes VII HIMIKOM bertema,  Mewujudkan Pemimpin yang Berjiwa Disiplin, Kreatif, Inovatif, dan Loyal,  Sabtu-Minggu (2-3/04/2016) di Aula Fakultas Sastra dan Ilmu Komunikasi  ditetapkannya Muhammad Ihsan Ismail,  angkatan 2013 sebagai ketua yang baru periode 2016-2017.(*)

1459814865827
Ketua HIMIKOM UMI periode 2015-2016, Muh Yunus bersama penulis. (foto:ist)

Citizen Report : Dasriani/Mahasiswa Komunikasi UMI Makassar

Komentar Pembaca