Honda Ungkap Rahasia Kemenangan di Arena Balap

0
102

Inspiratifnews.com – Makassar – Berkendara aman di jalan raya saat mobilisasi aktivitas sehari-hari tentunya juga harus dipahami betul oleh para pecinta kecepatan atau balapan sepeda motor, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga para pengendara lain, sama halnya dengan di sirkuit balap juga menjaga agar tidak terjadi pergesekan antar pebalap lainnya.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Makassar, Abdul Kadir, mengatakan “Mengendarai motor itu ada teknik – tekniknya, jangan sampai salah, nanti malah membahayakan diri sendiri”. Dalam kesempatan kali ini, Abdul Kadir juga memberikan beberapa tips dan trik untuk para pebalap muda maupun calon – calon pebalap di Sulawesi.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah posisi tubuh ketika awal sebelum pertandingan dimulai, posisi yang benar adalah menunduk dan membebankan berat tubuh ke bagian depan motor dengan pinggul maju kedepan, hal ini dilakukan agar saat tuas gas dibuka tidak terjadi pelonjakan, tuas gas sendiri juga tidak disarankan untuk dibuka secara penuh, harus seirama dengan pembukaan pedal kopling.

Posisi tubuh saat mengendarai sepeda motor sport ini juga harus diperhatikan, dengan posisi tubuh cenderung menunduk kedepan dan pinggul sudah mundur kebelakang seperti yang biasa kita lihat pada semua pebalap profesional, posisi ini membuat tekanan angin dari depan menjadi berkurang sehingga laju motor akan lebih kencang dan juga mengokohkan posisi tubuh yang stabil.

Pergerakan teknik menikung di arena balap juga berbeda-beda, untuk di arena sirkuit maka harus menggunakan teknik Lean In, teknik ini dipakai untuk arena yang memungkinkan dengan kecepatan tinggi dengan belokan yang tajam, posisi tubuh harus mengendalikan penuh motor dan tidak melawan sudut kemiringan motor saat menikung tajam dan posisi kepala harus selalu melihat kedepan untuk mengantisipasi tikungan – tikungan selanjutnya, tentunya keseimbangan penuh akan motornya harus dikuasai baik oleh pebalap.

Sementara itu juga ada teknik Lean Out yang merupakan teknik dengan melawan kemiringan motor karena tikungan yang pendek, sempit dan menurun, dalam gambarannya adalah posisi tubuh melawan ke kiri ketika motor miring ke sebelah kanan, posisi ini akan menyeimbangkan laju kecepatan motor dan biasanya teknik ini dipakai di arena Offroad yang kondisi jalannya lebih bergelombang.

Perlengkapan balap pun harus benar-benar sempurna mulai dari full face helm, jaket khusus balap yang disertai dengan pelindung tubuh di dalamnya, sarung tangan, dan juga sepatu balap. Semua hal ini harus diketahui oleh para pecinta balap untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena potensi bahaya lebih besar juga di arena balap “Dimanapun kita ketika berkendara itu harus tahu teknik – tekniknya, terutama ketika balap, banyak hal yang harus dipelajari tidak bisa asal – asalan” ujar Abdul Kadir kembali.

Abdul Kadir juga mengajak masyarakat Sulawesi untuk bergabung di Honda Coaching Clinic yang menyediakan tempat dan sarana untuk latihan menjadi pebalap lengkap dengan instruktur khusus, tak ayal sampai sekarang sudah ada beberapa jebolan dari Honda Coaching Clinic ini yang menjadi pebalap Honda Racing Championship mewakili Kendari dan Makassar “Kami siap memfasilitasi dan membantu para pecinta balap, agar bakat dan potensinya tersalurkan ke jalan yang benar, prestasi juga untuk bisa jadi kebanggan Makassar” ujar Abdul Kadir.

Astra Motor Makassar selaku main diler sepeda motor Honda untuk wilayah SulSelBarTra dan Maluku sendiri sampai September ini sudah mencatat 1705 orang peserta yang mengikuti Safety Riding Campaign dan siap menyebarkan virus berkendara aman bersama dengan Honda kedepannya. “Balapan itu boleh, asal pada tempat dan waktu yang tepat, kalau ingin konsultasi boleh datang ke kantor, kami selalu siap” tambah Abdul Kadir kembali.(Rilis)

Komentar Pembaca