HUT 56 Pangkep, Wagub Menilai Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

0
109
Inspiraitfnews.com-Pangkep, Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Selasa 8 Februari, memperingati Hari Jadinya yang ke-56. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor DPRD Kabupaten Pangkep, mengangkat tema “Dengan peringatan hari jadi ke 56 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, kita tingkatkan etos kerja menuju Pangkep yang lebih baik”. Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang dalam sambutannya, mengucapkan selamat atas terpilihnya H Syamsuddin A Hamid SE dan H Syahban Sammana SH sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada 2015. Mewakili Gubernur Sulsel, Agus mengakui, pertumbuhan ekonomi Pangkep tumbuh lebih maju dibandingkan kabupaten lainnya di Sulsel. Pertumbuhan ekonomi Pangkep rata-rata 10% dibandingkan ekonomi Sulsel hanya 7%. Olehnya itu, Agus sangat berharap Pangkep akan lebih maju lagi ke depannya dengan potensi alamnya yang berlimpah.
 
Meski memuji pertumbuhan ekonominya paling tinggi, ia menyebutkan jumlah kemiskinan di daerah penghasil bandeng juga paling tinggi dibanding daerah lain mencapai 16,38% atau 52 ribu jiwa. “Saya heran dengan realitas ini, di mana pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Namun tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan rakyat banyak,” timpalnya. Dengan wilayah kepulauan yang dimilikinya, pemerintah provinsi berencana membangun bandar udara di wilayah kepulauan, untuk mengangkut hasil budi daya baik ikan keramba maupun rumput laut. Pembangunan bandara telah kita bicarakan jauh hari sebelum Pilkada, termasuk dengan pak Syamsuddin yang terpilih kembali. Untuk biayanya tidak terlalu mahal, pemerintah provinsi akan memberikan bantuan sekitar Rp1,5 miliar,”ujarnya.
 
Sesuai perintah langsung bapak gubernur, untuk fokus mengentaskan persoalan kemiskinan di dua daerah yakni Pangkep dan Jeneponto.” Kami sudah menyiapkan sejumlah program untuk mendorong peningkatan kesejahteraan agar pertumbuhan ekonomi diikuti dengan perbaikan hidup orang banyak,” kata Agus usai kegiatan. Perayaan Hari Jadi Pangkep ke 56 dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Ir H Agus Arifin Nu’mang MS, Danrem 142 Taro Ada Taro Gau (Tatag) Kolonel Inf Syafruddin, Ketua DPRD Pangkep Ir H Andi Ilham Zainuddin dan sejumlah pejabat Pemprov Sulsel.
 
Penjabat Bupati Pangkep Dr Ruslan Abu SH MH mengatakan, tugas pemerintah daerah ke depannya adalah mengenai peningkatan kesejahteraan.” Kepada bupati dan wakil bupati terpilih, agar merespon dan menjadikan program dari pemerintah provinsi itu sebuah prioritas untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat,”singkatnya. meneurut sumber yang enggan disebutkan bahwa, sejumlah pihak sangat menyayangkan tidak dirangkaikannya pelaksanaan Hari Jadi Pangkep dengan syukuran pelantikan bupati dan wakil bupati Pangkep terpilih yang tinggal menghitung hari pula.” Kita sangat menginginkan agar hari jadi dirangkaikan syukuran pelantikan bupati dan wakil bupati agar semarak. Selain itu, akan menghemat anggaran yang akan dikeluarkan daerah,”singkat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pangkep Ir Rizaldi Parumpa MSi, terpisah.
 
Salah seorang warga Pangkajene, Idris sangat menyanyangkan kegiatan yang tidak sekalian dirangkaikan syukuran pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih.” Tahun lalu hari jadi digelar bulan maret, ini cuma beda beberapa hari di bulan yang sama. Harusnya pihak eksekutif berpikir untuk mengikuti usulan dari dewan, selain hemat anggaran juga akan meriah. Apalagi bupati yang terpilih itu, memecahkan mitos mampu menjabat dua kali,”celotehnya. Sejumlah proyek diresmikan, di antaranya Kantor Dinas Pendidikan, Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan, Kantor UPTD Samsat, Bangunan Percontohan Pasar Modern di Labakkang dan SMKN 3 Pangkajene.

Komentar Pembaca