HWPL Makassar Bahas Isu Kekerasan

0
19

Inspiratifnews.com – Makassar, Pada tanggal 24 Mei lalu, pemimpin agama Hindu, Muslim, Budha, dan Kristen berkumpul bersama secara online dengan tema “ekstremisme kekerasan dari pandangan keagamaan.” Kantor Perdamaian Agama Aliansi Perdamaian Dunia (WARP Office) Makassar adalah dialog antaragama untuk membahas kerukunan dan perdamaian antaragama, dan telah berkembang dengan mantap dalam interval sekitar satu bulan.

Tema diskusi di Kantor WARP HWPL Makassar terkait dengan “Rencana Aksi untuk Mencegah Ekstrimisme Kekerasan” yang diumumkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan Januari 2016. Ini mencerminkan aliran masyarakat internasional yang mencoba melakukan Pencegahan terbaik daripada konfrontasi. Pada judul yang sama, kampanye Perdamaian termasuk acara Peace Walk and Hand-printing diselenggarakan di Indonesia, Jakarta, Medan dan Malang.

Isi utama diskusi di bawah ini :

1) Bagaimana kita bisa menjelaskan penyebab kekerasan ekstrem dari perspektif agama?

2) Apa solusi terakhir dari semua kekerasan?

Prof. Dr. Muhammad Galib Mattola, pemimpin Islam yang menghadiri pertemuan tersebut, mengajarkan solusi ekstremis yang keras dari sudut pandang Muslim: “Alquran mengajarkan kita untuk berbicara saat ada perbedaan. Tetapi jika tidak ada konsensus, jangan gunakan kekerasan dan meminta mereka untuk menggunakan cinta sebagai gantinya. Bila ada masalah, penting untuk memaafkan dan mengkomunikasikan kesalahan orang lain (Quran 3: 159).

Alquran mengharuskan pemerintah untuk mengambil tindakan tegas terhadap kelompok yang melakukan kekerasan, jika kelompok tersebut berhenti menggunakan Kekerasan, ini mengajarkan untuk memperlakukannya secara setara tanpa prasangka.”

Kantor WARP HWPL memahami bahwa agama dan budaya mereka berbeda, Ini juga merupakan bidang komunikasi dan kesatuan lintas agama yang bertujuan untuk meredakan konflik antar agama. Mereka mengeksplorasi “Apa kedamaian sejati yang harus ditempuh oleh agama oleh pemujaan” dan Masing-masing agama membidik Kedamaian dalam satu.

Untuk ini, Budaya Surgawi, Perdamaian Dunia, Pemulihan Cahaya (HWPL) saat ini mengoperasikan 212 WARP Office di 119 negara. Selain mengoperasikan Kantor WARP HWPL, juga ada gerakan aktif untuk perdamaian seperti mendorong partisipasi kaum muda dan perempuan untuk perdamaian dan memperluas pendidikan perdamaian. (*)

Komentar Pembaca