HWPL WARP Makassar Dialog dengan 6 Agama

0
99

Inspiratifnews.com – Makassar, Pada 25 Juni, Budaya Heavenly, World Peace, Restorasi of Light (HWPL) yang diselenggarakan Kantor Perdamaian 6 HWPL Makassar World Alliance Agama'(HWPL Makassar WARP Office) dengan enam agama yang berbeda termasuk Islam, Buddism, Katolik, Protestan, Konfusianisme, dan Hindu.

Pada HWPL ini WARP Dialog, tema itu “The Pertanyaan yang belum terpecahkan Old Kehidupan Manusia – Kelahiran, Aging, Penyakit, dan Kematian”. Perwakilan dan pemimpin dari masing-masing agama dibahas dan dibandingkan penyebab dan solusi untuk Kelahiran, Aging, Penyakit, dan Kematian berdasarkan kitab suci.

Melalui topik, orang bisa menyadari jika agama adalah ajaran tinggi, itu harus menjelaskan penyebab dan solusi dari empat fase kehidupan (kelahiran,penuaan, penyakit, kematian). Mengenai penyebab dari empat fase, menurut Al – Quran, kitab suci Islam, semakin tua, sakit dan sekarat adalah keputusan Allah. Dalam kitab Buddha, menarik, proses penuaan, penyakit dan kematian timbul secara alami karena kita lahir ke dunia. Artinya, kelahiran adalah penyebab penuaan, penyakit dan kematian. Dan manusia hanya harus taat pada empat fase kehidupan karena itu tidak dapat dihindari. Berbeda dengan agama-agama lain, dalam Alkitab, kitab Kristen, kematian bukanlah hukum alam dan bukan kehendak Tuhan.

Jadi, Alkitab menunjukkan solusi untuk menyelesaikan empat fase. Hal ini untuk menyelesaikan masalah dosa dan bersama dengan Allah lagi. Dengan solusi ini, kita dapat mengembalikan bentuk asli kita, makhluk abadi, tanpa penyakit dan kematian sebagai kehendak Tuhan.

Yonggris Lao (Bendahara FKUB Sulawesi Selatan, Wakil Ketua Walubi Sulsel) yang selalu mendukung WARP Office, mengatakan semua peserta memiliki kesamaan adalah berurusan dengan kehidupan fisik dan spiritual dan kematian pada setiap agama. Dan juga saya bisa tahu bahwa Katolik tidak berurusan dengan kematian rohani dan ada ide bahwa orang hidup di surga selamanya.

HWPL WARP Office adalah salah satu cara yang HWPL bekerja untuk menghentikan perang dan mencapai perdamaian dunia. Sejak WARP Summit pada bulan September 2014, 169 Kantor HWPL WARP di 82 negara telah dibentuk. Melalui dialog di HWPL WARP Office, berbagai tokoh agama membahas dan bandingkan suci untuk topik tertentu. Ia menjembatani para pemimpin agama untuk memahami satu sama lain.

Dialog tersebut dianggap sebagai batu fondasi dalam menyelesaikan konflik antar agama.  Mr Man Hee Lee, ketua HWPL, ditekankan “Meskipun dokumen yang mengikat secara hukum untuk perdamaian dan penghentian perang diimplementasikan, perdamaian tidak akan tercapai kecuali agama menjadi salah satu. Dokumen tersebut perlu dilaksanakan oleh semua negara, dan agama harus diperbaharui juga.

“Dia juga menunjukkan bahwa” Perang dan konflik yang disebabkan oleh agama adalah bukti korupsi dari agama.”   Sejak 2012, Mr. Lee, yang telah kegiatan perdamaian terkemuka di seluruh dunia, menunjukkan dokumen yang mengikat secara hukum untuk perdamaian dan penghentian perang dan Aliansi Agama. Dia telah bertemu dengan mantan dan saat ini kepala negara, tokoh agama dan tokoh perempuan dan pemuda dan menandatangani perjanjian damai dengan mereka. Tahun ini, HWPL diadakan ‘The Proklamasi Upacara Deklarasi Perdamaian dan Penghentian Perang’ pada tanggal 14 Maret, dan kini memimpin Signature Kampanye di seluruh dunia. HWPL juga mengadakan Peringatan Tahunan ke-3 dari Deklarasi Perdamaian Dunia dan Walk Perdamaian pada 25 Mei tahun ini.(*) 

 

Komentar Pembaca