IAIN Palangka Raya dan STAIN Sorong Mengikuti Seminar Bersama Indonesia dan Jepang

0
96

 

Inspiratifnews.com – Jepang, Delegasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong mengikuti acara Indonesia-Japan Joint Scientific Symposium di Chiba University, Jepang.

Rombongan IAIN Palangka Raya dipimpin Abdul Qodir, Wakil Rektor Bidang Akademik. Sementara STAIN Sorong dihadiri Ismail Suardi Wekke, Kepala Pusat Penjaminan Mutu. Dalam kegiatan tersebut, delegasi IAIN Palangka Raya dan STAIN Sorong, masing-masing menyampaikan makalah dalam panel social studies.

Simposium akan berlangsung sampai tanggal 24 November yang bertempat di kampus Chiba University. Sebanyak 26 panel akan dilaksanakan dalam simposium yang berlangsung selama 4 har tersebut yang dimulai Senin, 20 November 2016. Rektor Chiba University, Prof. Takeshi Tokuhisa membuka simposium tersebut sekaligus mengumumkan Universitas Islam Riau sebagai anggota dalam kemitraan Sister University.

Simposium ini dimulai sejak tahun 2004 dan bertempat kali pertama di Chiba University, Jepang. Selanjutnya secara berkelanjutan dilaksanakan baik di Indonesia maupun di Jepang. Sementara itu, Rektor Universitas Indonesia yang diwakili direktorat kerjasama menyampaikan bahwa kegiatan simposium ini merupakan wadah pengembangan akademik antara Indonesia dan Jepang.

Selanjutnya, Abdul Qodir, menyatakan bahwa keikutsertaan IAIN Palangka Raya merupakan bagian program kerjasama untuk pengembangan kapasitas kelembagaan dan juga membuka kesempatan bagi alumni IAIN Palangka Raya. Sementara itu, Ismail Suardi Wekke menyatakan bahwa STAIN Sorong saat melakukan pengembangan kerjasama luar negeri untuk memperkuat institusi. Sejak 2012, STAIN Sorong melakukan komunikasi intensif dengan perguruan tinggi Jepang. Kegiatan kali ini sebagai kelanjutan dari program yang sudah ada sebelumnya. (*)

Komentar Pembaca