Indahnya Wisata Laut Takabonerate

0
153

Inspiratifnews.com- Siapa yang tidak kenal dengan coto dan pisang epe? Kedua makanan tersebut merupakan hidangan khas Makassar. Di sini banyak terdapat tempat wisata populer yang indah dan sayang sekali bila dilewatkan. Tidak hanya pantai Losari, ternyata Makassar juga memiliki surga bagi para penyelam, yaitu Taman Laut Taka Bonerate.

Hamparan Terumbu Karang di Bawah Laut Taka Bonerate

Taman laut ini berada di Kota Benteng, Kepulauan Selayar. Terumbu karangnya yang berwarna-warni dan masih terjaga dengan baik menjadikannya sebagai surga dari para penyelam. Saat diving, wisatawan bisa berenang bersama dengan ratusan jenis ikan, penyu, dan kura-kura. Terumbu karang cantik tersebut, yaitu fringing reef (terumbu karang tepi), barrier reef (terumbu karang penghalang), dan atoll (terumbu karang cincin). Tidak hanya itu, di bawah laut Taka Bonerate juga terdapat 261 terumbu karang lainnya.

Padang Rumput Bawah Laut

Savana luas tidak hanya ada di daratan, tetapi juga di dalam lautan. Salah satu keunikan dari Taman Laut Taka Bonerate adalah taman laut yang memiliki padang rumput atau orang disekitar biasa menyebutnya padang lamun. Tempat ini menjadi taman bagi berbagai jenis biota laut dan sekitar 362 spesies ikan bergerombol di sini. Agar bisa menikmati keindahan bawah laut Taka Bonerate cobalah untuk diving, dan abadikan setiap momen underwater yang dijumpai.

Akes dan Lokasi Wisata

Secara geografis, Taka Bonerate masuk ke dalam kawasan Flores. Namun, secara administratif masuk ke daerah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Untuk menuju ke sini, wisatawan bisa melakukan perjalanan awal dengan jalur udara. Penawaran menarik datang dari maskapai Lion Air yang memberikan harga promo Jakarta-Makassar seharga Rp646.300,-. Tidak cukup sampai di Makassar, perjalanan kembali dilanjutkan menuju Selayar dengan jalur udara kembali.

Pesawat yang digunakan bernama Sabang Merauke Air Charter yang memiliki kapasitas maksimum 22 orang dan jadwal penerbangan pada hari Selasa dan Jumat. Perjalanan ini hanya membutuhkan waktu 40-50 menit. Karena jadwal penerbangan yang hanya 2 kali dalam seminggu dan banyaknya wisatawan yang datang, seringkali tiket SMAC cepat habis terjual. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan booking tiket sejak jauh hari melalui situs resminya.

Istirahat Sejenak di Tinabo Dive Resort

Sampai di Taka Bonerate, cobalah menginap di salah satu resort terbaiknya, Tinabo Dive Resort, agar keesokan harinya lebih segar dan siap menyelami taman lautnya. Penginapan yang menyatu dengan pantai ini memiliki ruangan kamar unik yang terbuat dari bambu. Selain itu, di sini juga bisa menyewa perlengkapan diving, boat untuk mencari spot diving, dan storage room

Komentar Pembaca