Indonesia Negara Paling Dermawan Kedua di Dunia

1
11

Inspiratifnews – Indonesia menjadi negara dengan masyarakat paling dermawan di dunia. CAF World Giving Index 2017 menempatkan Indonesia dalam peringkat 2 dari 139 negara dengan masyarakat paling sering berdonasi.

Index ini mengukur tingkat kebaikan masyarakat lewat tiga pertanyaan utama. Pernahkan membantu orang asing? menyumbang uang untuk aksi sosial? dan meluangkan waktu untuk menjadi relawan sebuah organisasi.

The World Giving Index 2017 menggunakan data dari sleuruh dunia sejak lima tahun terakhir (2012-2016). Serta memasukan data dari 139 negara yang sepanjang 2016.

loading...

Hasil survei dari Organisasi Charities Aid Foundation yang berbasis di Inggris ini menobatkan Myanmar sebagai negara paling dermawan di dunia dengan nilai 65 persebn, turun 5 persen dari tahun sebelumnya.

Menguntit di belakangnya Indonesia yang meraih nilai 60 persen dari total FAC World Gving Index. Nilai yang sama diperoleh Kenya yang berada di peringkat ketiga. Serta Selandia Baru dan Amerika Serikat di posisi keempat dan kelima.

Dikutip dari laporan CAF World Giving Index 2017, Rabu, 9 September 2017, proporsi masyarakat dunia yang menyumbangan uang pada tahun 2016 merupakan yang terendah dalam tiga tahun terakhir.

Negara-negara yang masuk dalam daftar 20 besar dunia juga dilaporkan mengalami penurunan skor indeks kedermawanannya antara 1-5 persen. ” Hanya negara Afrika yang mencatat kenaikan nilai untuk tiga indikator penilaian,” tulis laporan tersebut.

Tingkat Kedermawan Indonesia

Khusus untuk Indonesia, CAF mencatat nilai indeks tertinggi berasal dari kebiasaan masyarakat yang rajin menyumbangkan uang untuk kegiatan sosial. Nilai indeks ini mencapai 55 persen.

Sementara untuk indikator menjadi relawan paruh waktu, masyarakat Indonesia mendapatkan skor sebesar 55 persen. Nilai terendah Indonesia dalam hal kedermawanan terjadi pada indikator membantu orang asing. Indonesia mencatatkan skor sebesar 47 persen.

” Meski secara skor Indonesia dan Kenya sama, namun berbeda dalam nilai indikator kedermawanannya,” tulis laporan itu.

Meski berada di peringkat kedua untuk tahun 2016, indeks kedermawanan Indonesia sepanjang lima tahun terakhir justru melorot menjadi peringkat 10 dengan skor 52 persen.

(Sumber: Dream.co.id)

Editor : Ana

BAGIKAN

Komentar Pembaca