Ini Cara Suku Toraja Menyambut Tamu Terhormat

0
218

Inspiratifnews.com – Makale, Pesta Lovely Desember yang tiap tahun diadakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali dilaksanakan di tahun 2016, puncak perayaaannya di hari kamis, 29 Desember bertempat plasa kolam makale, Tana Toraja.

Pada pesta Lovely Desember kali ini, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang ditandai dengan meminum 7777 kopi khas Tana Toraja, kopi Tana Toraja adalah kopi terbaik dan sangat disenangi para wartawan mancanegara yang berkunjung ke daerah ini, dan diberi nama Kopi Maelo.

Diawali Tarian Petik Kopi, penari Petik Kopi berasal dari seluruh SMP dan SMA se-kabupaten Tana Toraja, tarian ini juga merupakan ciri khas masyarakat Toraja ketika panen kopi telah tiba.

Perayaan puncak Lovely Desember ini juga digelar berbagai event pariwisata selama bulan khusus di bulan desember, hal ini dikarenakan para wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri meningkat dipenghujung tahun, Lovely Desember juga disimbolkan sebagai lambang kedamaian oleh para tokoh masyarakat didaerah ini.

Hal ini dibenarkan oleh Siswi SMA Khatolik Makale, Afifah Nur Wahidah ketika dikonfirmasi inspiratifnews.com, Dia mengungkapkan meski beragama Islam namun kerukunan antar umat beragama tetap terjalin dengan baik di SMA Khatolik Makale, Dia pun beralasan sekolah Islam sangat jauh untuk dijangkau sehingga lebih memilih sekolah tidak jauh dari rumah, Makale Kota Damai, paparnya.

Pesta Lovely Desember adalah bentuk kegembiraan warga Toraja, yang senantiasa menjaga keberagaman. Maka dari itu, warga toraja pun menyambutnya dengan redaksi leluhur yang masih melekat hingga saat ini yakni tarian “Matumboki” dan tarian “Mabugi” masing – masing diperagakan 10 hingga 40 orang khusus “Mabugi” jumlah orang lebih banyak lebih bagus lagi, imbuh bapak Nora, kepala desa kaero, kecamatan sangala yang ditemui beberapa hari lalu.

“Ini cara warga torayya menyambut Tamu Terhormat, menarik bukan. Tradisi leluhur masih kami lestarikan pada anak cucu kami, nyanyian yang mereka lafaskan juga berasal dari bahasa tradisi suku Toraja, pangkas bapak Nora. (*)

KLIK Link ini  : 

https://m.vidio.com/watch/561239-cara-orang-toraja-sambut-tamu-terhormat

Komentar Pembaca