Inilah 7 langkah Konkrit Dalam Menangani Kasus Vaksin Palsu

0
149

Inspiratifnews.com,Makassar-Maraknya kasus vaksin palsu yang muncul belakangan ini membuat publik semakin resah, bahkan keresahan itu juga dialami oleh para praktisi kesehatan maupun penggiat kesehatan. 

 

Salah satu diantaranya adalah dr. Irwan Ashari, Koordinator wilayah Sulawesi, Masyarakat Peduli BPJS ia mengungkapkan saat ditemui di kantornya bahwa minimal ada 7 langkah konkrit dan taktis yang harus dilakukan pemerintah terkait kasus maraknya vaksin palsu :

1. Penyelidikan secara Nasional kasus vaksin palsu; 2. Penegakan hukum untuk sanksi pidana  distributor, RS dan klinik yg terlibat penggunaan vaksin palsu; 3. Pembenahan dan memperkuat peran/fungsi pengawasan BPOM; 4. Pembenahan dan perluasan distribusi vaksin di PT Biofarma (produsen/distributor tunggal vaksin darj pemerintah); 5. Harmonisasi kinerja Kemenkes dengan BPOM dalam konteks pengawasan di lapangan; 6. pemerintah perlu melakukan Vaksinasi ulang secara Nasional khususnya di wilayah wilayah terdampak penggunaan vaksin palsu; 7. mendesak presiden RI segera mengganti Menteri Kesehatan maupun pejabat terkait di Kemenkes RI karena kegagalan kinerja dalam hal pengawasan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

 

Demikian yang ditegaskan dr. Irwan Ashari ini saat ditemui di Kiliniknya, Klinik Parakita Jl. Talassalapang Makassar.

 

Ia menambahkan pemerintah harus secara serius menangani kasus ini, karena ini menyangkut keberlangsungan generasi bangsa ini yang harus kuat dan sehat. Bagaimana mungkin kita akan bersaing dengan negara lain kalau generasi kita dirancang untuk menjadi generasi yang lemah dan berpenyakitan. Tegas dr. Irga sapaan akrabnya yang juga merupakan WD III FK Unismuh Makassar ini.*

 

Komentar Pembaca