Inspiratif, Inilah Pilot Wanita Pertama Yang Bercadar

0
196
Inspiratifnews.com-Internasional Dunia penerbangan sangat identik dengan pakaian yang minim. Pilot dan pramugari pada umumnya menggunakan pakaian ketat dengan alasan untuk kemudahan bergerak. Bahkan untuk pramugari biasanya tidak hanya ketat, tapi juga pendek. Lalu bagaimana seorang muslimah jika memasuki dunia penerbangan ini?
Banyak muslimah yang terpaksa mengikuti aturan dan opini tersebut. Seolah-olah bukan hanya wajib, hal demikian itu adalah keniscayaan. Akan tetapi Shahnaz Laghari wanita asal Pakistan menunjukan kepada kita dan dunia tentang sebaliknya. Capten Pilot Shahnaz tetap bercadar dan menggunakan hijab syari.
ss2

Shahnaz Laghari adalah seorang pilot wanita pertama di dunia yang bercadar ketika menjalankan tugas menerbangkan pesawat. Beliau memiliki kemampuan mengendalikan kapal terbang secara solo dengan pakaian islami secara lengkap.

Beliau adalah pemegang rekor dunia Guinness Book of World Record sebagai pilot wanita pertama bercadar lengkap. Beliau juga merupakan muslimah pejuang hak kemanusiaan di Pakistan yang memperjuangkan hak-hak wanita, dan pernah bertanding dalam pilihan raya di Pakistan 2012 sebagai anggota wakil rakyat atas suara komunitas-komunitas masyarakat luas.

Selain menjabat sebagai pengurus Persatuan Pilot Wanita Pakistan, Shahnaz juga melakukan khidmat masyarakat dengan membuka pusat pendidikan gratis dan pusat latihan menjahit untuk kaum dhuafa Pakistan. Ia juga turut aktif dalam menyertai program persatuan-persatuan komunitas Islam Pakistan.

ss3

Dengan bekerja sebagai seorang pilot, Shahnaz menjadi inspirasi bagi kaum hawa di negara Islam. Dirinya telah menunjukkan kemampuan dan kualitas dalam bekerja tanpa menanggalkan identitas agama dan budaya.

Selain menerbangkan pesawat, Laghari juga disebut aktif sebagai pekerja sosial dan banyak melakukan aksi seperti membantu pendidikan gratis dan sekolah menjahit bagi kaum dhuafa. Pergerakan Laghari fokus pada anak perempuan dan perempuan miskin sehingga ke depannya mereka dapat mandiri.

Semoga Allah SWT melimpahkan kekuatan baginya untuk istiqomah di jalan perjuangan, meraih kejayaan Islam. (uc2)

[diolah dari berbagai sumber]

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca