IPYG Mengedukasi Mahasiswa UIN Mengenai Pentingnya Perdamaian

0
136

Inspiratifnews.com – Medan, Seminar Perdamaian telah digelar di auditorium Universitas Islam Negeri di Sumatera Utara, Indonesia selama tiga hari berturut-turut, mulai dari tanggal 9 Desember 2016 di Medan. mahasiswa yang berada di Medan dan Sumatera Utara menghadiri seminar perdamaian.

Acara ini diselenggarakan oleh PEMUDA ICON dan UIN Sumut dengan co-host International Peace Youth Group (IPYG). acara ini adalah untuk menyadari pentingnya perdamaian dan bentuk budaya damai antara pemuda.

Seminar perdamaian adalah kesempatan yang baik untuk mendidik peran pemuda untuk perdamaian dunia. Pada seminar itu, peserta berkesempatan langsung mendapat pesan perdamaian dari Mr Man Hee Lee dari Ketua Budaya Surgawi, World Peace, Restorasi of Light (HWPL), Mereka juga berbagi ide bagaimana mendukung Deklarasi Perdamaian dan Penghentian Perang (DPCW) sehingga dapat diperkenalkan kepada PBB.

Foto : HWPL press
Foto : HWPL press

Ketua Man Hee Lee mengatakan kepada mereka melalui video streaming dari korea selatan, “Siapa yang bisa mengkompensasi pengorbanan orang-orang muda yang kehilangan nyawa mereka tanpa pernah memiliki kesempatan untuk dewasa dan menikmati kehidupan damai dari masa muda mereka.” Ia meminta orang-orang muda untuk bekerja bagi perdamaian dan penghentian perang untuk melindungi diri mereka sendiri.

Seperti Indonesia memiliki sistem militer relawan dan pemuda tidak pernah mengalami perang, seminar ini adalah khusus untuk anak muda Indonesia. Peserta punya kesempatan untuk berdiskusi tentang perang dibeberapa negara dan bisa mengenali perlunya perdamaian.

Robinson Sembiring, salah satu kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) yang menghadiri seminar dan program yang mengatakan “Ada banyak perang dan konflik di dunia, tapi semua orang merindukan perdamaian. Saya yakin bahwa kesadaran pemuda memiliki aspirasi perdamaian melalui acara sebagai pemilik era perdamaian yang baru”, ungkapnya pada inspiratifnews.com, minggu 11 desember.

IPYG, sebuah organisasi anak perusahaan dari HWPL, yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menyebarkan perdamaian dunia tanpa perang untuk semua pemuda di dunia. IPYG akan melanjutkan seminar perdamaian dan program pertukaran kurang lebih dari 20 universitas di daerah Medan setelah seminar pertama ini. (*)

Komentar Pembaca