Iqbal ; Indonesia Butuh Generasi Muda Cerdas-Terdidik

0
85
Keterangan foto : Anggota MPR RI yang juga Senator RI asal Sulawesi Selatan AM Iqbal Parewangi melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Konsensus MPR RI untuk NKRI, di Auditorium Prof Amiruddin Unhas, 15 April 2017 kemarin

Inspiratifnews.com,Makassar-Anggota MPR RI yang juga Senator RI asal Sulawesi Selatan, AM Iqbal Parewangi, melakukan kegiatan Sosialisasi 4 Konsensus MPR RI untuk NKRI, di Auditorium Prof Amiruddin Unhas, 15 April 2017 kemarin.
Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan sekaligus mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat terkait Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. Selain itu, juga untuk lebih membudayakan pentingnya komunikasi dengan masyarakat dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Mengangkat tema Generasi Muda Cerdas-Terdidik dalam Kerangka Keutuhan NKRI, kegiatan tersebut dihadiri tidak kurang dari 300 peserta.
“Untuk merawat keutuhan NKRI, diperlukan generasi berdaya kompetisi tinggi. Intinya, NKRI butuh generasi muda cerdas-terdidik. Itu prasyarat untuk bisa kompetitif. Prasyarat itu yang belum terpenuhi. Kondisi negeri kita masih cukup tertinggal di MEA.

Sarjana kita yang terserap di dunia kerja baru 7%, misalnya, sisanya jadi pengangguran terdidik,” beber Iqbal.
Generasi muda cerdas-terdidik, menurut Iqbal, memiliki apa yang disebutnya triumvirat kecerdasan : cerdas intelektual, cerdas emosional, cerdas spiritual. “Jika salah satunya kurang, apalagi tidak ada, rubuh triumviratnya. Dan jika itu terjadi, bagaimana mungkin bisa disebut kompetitif?”
Secara konstitusional, lanjut Iqbal, negara bertanggung-jawab untuk melahirkan generasi muda cerdas-terdidik tersebut. “Itu sudah amanat konstitusi. Namun negara belum mampu menunaikannya. Oleh karena itu, perlu ditarik menjadi amanat insaniah yang melekat pada setiap kita,” pungkas Iqbal.(*)

Komentar Pembaca