Iqbal : Ormas Harus Proaktif untuk Konstitusi

0
60

Inspiratifnews.com,Sinjai-Umat Islam melalui ormas-ormas Islam harus terus-menerus memberi kontribusi terhadap bangunan konstitusi negeri ini. Di tahun 2016 ini, misalnya, ada sebanyak 40 RUU Prolegnas prioritas. Ormas-ormas Islam harus proaktif memberi masukan, dan bukan hanya menunggu UU jadi baru mengambil sikap reaktif.

 

Hal itu dipaparkan Anggota DPD – MPR RI asal Sulawesi Selatan, AM Iqbal Parewangi, pada sesi Orasi Cendekia dan Sosialisasi di Sinjai, 16 April 2016. Kegiatan yang bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sulawesi Selatan tersebut mengangkat tema “Generasi Muda dan 4 Konsensus MPR RI”.

 

“Muhammadiyah sebut jihad konstitusi. Itu penting sekali. Bisa lewat judicial review terhadap undang-undang yang dinilai cacat. Tidak kalah pentingnya, dengan proaktif memberi masukan terhadap rancangan undang-undang. Judicial review oke, tapi masukan proaktif lebih efektif. Di situ peran intelektual muda muslim tak terpungkiri.”

 

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 150 peserta dari berbagai elemen, termasuk pemerintah setempat, tokoh masyarakat, pendidik, tokoh pemuda dan mahasiswa.

 

Dalam kesempatan itu tidak lupa Iqbal menjelaskan alasan mengapa perlu terus digalakkan sosialisasi tentang Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, termasuk di lingkungan mahasiswa Muhammadiyah.

 

Menurutnya, kegiatan sosialisasi merupakan forum formal dan legal untuk menyerap aspirasi dan kontribusi pemikiran. “Intelektual muda punya aspirasi dan kontribusi pemikiran kritis dan solutif. Itu masukan penting agar kebijakan negara pro-rakyat. Apalagi di IMM berhimpun intelektual muda yang memiliki perhatian besar terhadap nasib bangsa dan negara.”(rilis)

Komentar Pembaca