Iqbal : Sosialisasi 4 Konsensus MPR Perlu Libatkan Da’i

0
28

Inspiratifnews.com,Makassar-Pandangan dan pemikiran para da’i yang banyak bersentuhan langsung dan memberi pencerahan kepada masyarakat sangat penting didengar. Termasuk tentang bagaimana Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam perspektif aktual para da’i.

Hal itu dipaparkan Anggota DPD – MPR RI asal Sulawesi Selatan, AM Iqbal Parewangi, pada Kegiatan Sosialisasi 4 Konsensus MPR RI untuk NKRI di Masjid Al-Amien Universitas Muhammadiyah Makassar, tanggal 30 Mei 2016. Kegiatan yang bekerjasama dengan Program Pendidikan Ulama Tarjih Universitas Muhammadiyah Makassar tersebut mengangkat tema “Da’i Ramadhan dan 4 Konsensus MPR RI – Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika”.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 150 peserta yang terdiri dari para da’i, pendidik, serta tokoh pemuda dan mahasiswa.

Dalam kesempatan itu tidak lupa Iqbal menjelaskan alasan mengapa perlu terus digalakkan sosialisasi tentang Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, termasuk di lingkungan para da’i.

“Da’i itu panutan masyarakat. Apa-apa yang disampaikan oleh para da’i cenderung dipanuti masyarakat. Ketika da’i menyampaikan pentingnya Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika bagi NKRI, misalnya, masyarakat akan lebih mudah memahami dan menerima itu. Apalagi di bulan suci Ramadhan,” jelas Iqbal.

“Sayangnya, memang,” lanjut Iqbal, “MPR RI seperti belum menyadari pentingnya melibatkan da’i dalam kegiatan Sosialisasi 4 Konsensus MPR RI untuk NKRI. Secara metodologis memang masih banyak yang perlu disempurnakan. Mudah-mudahan ke depan hal itu segera tersadari.”

Penanggungjawab Program Pendidikan Ulama Tarjih Universitas Muhammadiyah Makassar, Drs. H.M. Husni Yunus, M.Pd, mengapresiasi positif kegiatan Sosialisasi 4 Konsensus MPR RI melalui komunitas-komunitas strategis yang bersentuhan langsung masyarakat, seperti komunitas da’i. “Metode sosialisasi seperti ini sangat bermanfaat. Karena dengan para da’i memahami 4 Konsensus MPR RI, mereka selanjutnya akan memahamkan kepada masyarakat makna penting dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita”.(*)

Komentar Pembaca