IWO Sulsel Dukung Surat Pernyataan PP Muhammadiyah Dalam “Melawan HOAX”

0
18
Kode Etik NetizMu - Inspiratif News
Kode Etik NetizMu - Inspiratif News

Inspiratifnews.com – Makassar, Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) Jaringan Radio Muhammadiyah (JariMu)  dan Temu Netizen Muhammadiyah (NetizMU) yang diadakan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada Sabtu (19/8) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) beberapa pekan lalu.

Dihadiri sebanyak 42 Peserta yang telah mendaftar sebelumnya dan 57 Netizen Muhammadiyah yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia dan melahirkan bentuk kesepahaman dan komitmen dalam Melawan HOAX.

Senada dengan yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah, organisasi profesi jurnalis yang bangkit setelah lama mati suri yaitu Ikatan Wartawan Online (IWO) juga telah mendeklarasikan Gerakan Anti Hoax pada bulan Januari dan Mei 2017 lalu yang diawali di Makassar.

Terkait dengan dinamika informasi hoax yang marak beredar, Pimpinan Wilayah IWO Sulawesi Selatan turut mendukung Surat Edaran PP Muhammadiyah diwakili Majelis Pustaka dan Informasi, Rabu (30/8).

“Sejalan dengan garis perjuangan kami, Maka Ikatan Wartawan Online Sulawesi Selatan juga turut mendukung Pernyataan PP Muhammadiyah tentang Perang Melawan HOAX, untuk itu kami menghimbau untuk setiap elemen agar bersinergi Melawan Hoax”, Tegas Zulkifli Thahir selaku Ketua IWO Sulsel.

Adapun Pernyataan PP Muhammadiyah yang dikeluarkan di Yogyakarta, 30 Agustus 2017 ditanda tangani oleh Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Dadang Kahmad dan Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Dr. Muchlas MT, menyatakan bahwa:

1. Muhammadiyah berkomitmen untuk ikut serta membentuk atmosfir positif di sosial media dan bersama semua komponen bangsa memerangi hoax dan konten negatif.

2. Komitmen tersebut diimplementsikan dengan perumusan Fiqih Informasi yang akan menjadi panduan Warga Muhammadiyah dalam mencerna dan memproduksi Informasi di ranah online terutama di Sosial Media.

3. Muhammadiyah juga mewadahi dan membina Warganet Muhamamdiyah dalam wadah NetizMu. NetizMu bergerak Dalam koridor kode etik yang dirumuskan Persyarikatan.

Selanjutnya kami menghimbau pada seluruh komponen Bangsa untuk bijak dalam mencerna dan menyebar informasi, begitupun komitmen IWO Sulsel ini pun akan dipertegas lagi pada Musyawarah Bersama (MUBES) I IWO di Jakarta pada 8-9 September Mendatang, pungkas Zulkifli Thahir. (*)

 

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca