Jalal temui Wiranto terkait Muscab Hanura

0
75

Inspiratifnews.com-Makassar, Terkait 2 versi Musyawarah Cabang (Muscab) 2 Hanura Kota Makassar yaitu versi pelita raya dan versi DPD Hanura Sulsel. masalah suksesi tersebut Hanura Makassar telah melaporkan kepada Wiranto selaku Ketua Umum DPP HANURA dan Dewan Kehormatan, kamis (3/3).

 

DPP Hanura merespon positif masalah pelanggaran konstitusi dan penyalahgunaan jabatan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura SulSel. DPP Hanura menilai ada konspirasi untuk melemahkan internal organisasi, disebabkan kepentingan pribadi dan pragmatis. DPC Hanura Makassar telah melaporkan semua bukti pada DPP. Ketua DPC Hanura Makassar Jalaluddin Akbar katakan, bahwa secara de facto de jure proses muscab telah dilaksanakan secara bermartabat, kekeluargaan dan demokratis, sehingga menurut hukum muscab ke 2 versi pelita raya memiliki legitimasi kuat dan berhati nurani.

 

Menurut Jalal, Muscab Hanura versi pelita raya adalah ketua yang sah,  hal ini berdasarkan Peraturan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga ( ART) Partai HANURA  No.  03/DPP-HANURA/IV/2015, pasal 25 ayat (1) & (2) yang berbunyi  Dewan Pimpinan Cabang (DPC) adalah penanggungjawab muscab dan pasal 26 berbunyi, bahwa muscab adalah forum pengambilan keputusan tertinggi ditingkat kab/kota, ujarnya.

 

Oleh sebab itu, Jalal berpendapat bahwa muscab versi DPD Hanura Sulsel, menurut hukum tidak punya legitimasi. sebab bukan kewenangannya, secara fakta tidak memiliki legal standing juga lemah, sebab peserta muscab tidak memenuhi kuota dan DPD Hanura Sulsel cacat secara organisasi, papar Jalal saat dikonfirmasi Inspiratifnews.com, sabtu (5/3).

 

Lebih lanjut Jalal, lahirnya Muscab versi DPD Hanura Sulsel adalah bentuk  pemaksaan kehendak, juga bentuk pengingkaran kata hati dan bentuk penyalahgunaan jabatan atau fius of power. kata Jalal, DPD Hanura Sulsel menganggap forum muscab adalah hal gampang, ibarat  “onde2 dan apang” (kue tradisional sulsel), muscab adalah forum tertinggi tingkat kab/kota bukan kewenangan DPD Hanura Sulsel. Jalal menilai DPD Hanura Sulsel telah bermain API, forum muscab kebajikan akan menuai kebaikan. bila mengutip kata bijak “diatas langit ada langit” yang  berarti Hanura partai terbuka, rakyat akan menilai, maka Jalal pun yakin dan percaya DPP Hanura menerima laporannya. menurut Jalal, incasu ketua umum tidak akan mentolelir kader Hanura yang melakukan pelemahan dan pelanggaran partai, saat berita ini diturunkan Jalal masih berada di jakarta. (ish)

Komentar Pembaca