Jatah Komisioner KPU Sulsel Bertambah, Di Kabupaten/Kota Justru Berkurang

1
107

Inspiratifnews.com-Makassar  Jumlah komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KUPUD) Provinsi Sulawesi Selatan untuk periode 2018-2023 akan bertambah dari lima orang menjadi tujuh orang. Hal ini telah tertmaktub dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang ditanda tangani langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“iya betul bertambah, berdasarkan Undang-Undang yang baru,” ujar Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latif, Senin (18/9/2017).

Namun lain halnya dengan komisioner KPUD di tingkat Kabupaten/Kota. Berdasarkan undang-undang tersebut komsioner KPU ditingkat Kabupaten/Kota berkurang yang awalnya lima menjadi tiga.

Iqbal menerangkan bahwa hanya ada empat Kabupaten/Kota yang jumlahnya tetap lima orang, selebihnya berkurang menjadi tiga orang.

“tinggal empat kabupaten/kota yang jumlahnya tetap lima orang, yaitu Makassar, Bone, Wajo dan Gowa, Selebihnya berkurang menjadi tiga orang,” bebernya.

Dengan demikian, dari 24 kabupaten/kota di Sulsel terdapat 20 daerah yang kuotanya mengalami pengurangan menjadi tiga yaitu Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Pinrang, Sidrap, Enrekang, Luwu, Tana Toraja Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, Palopo, Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Sinjai dan Soppeng.

Sebagaimana diketahui masa jabatan komisioner KPU Sulsel akan berakhir pada Juli 2018 mendatang. Dengan demikian, tahapan seleksi komisioner akan dimulai pada Desember 2017. (uc2)

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca