Jelajah 9 Kota Pecinan Terbaik Dunia

0
289

Inspiratifnews.com-Lifestyle- Rasa-rasanya, komunitas pecinan selalu ada hampir di semua negara di dunia. Masyarakat imigran Tionghoa selalu berhasil membentuk suatu komunitas yang kuat di manapun mereka berada. Dengan memiliki kemampuan berbisnis yang tangguh, maka komunitas ini pun akhirnya bisa menciptakan kota pecinan yang sarat budaya serta peluang bisnis yang menguntungkan. Berikut ini adalah daftar 9 kota pecinan terbaik di seluruh dunia yang dilansir dari CNN Travel.

FFN_Diaz_Upton_GGFF_062413_51138740

1. Havana, Kuba

Kota pecinan di Havana, Kuba, terletak di kawan Barrio Chino. Dulunya, Havana merupakan kawasan pecinan yang paling besar di daerah Amerika Latin. Karena imigrasi yang semakin merata, maka perlahan penduduk keturunan China di sana pun berkurang. Sekarang, hanya ada sekitar 150-an penduduk Kuba keturunan di kota pecinan ini.

Tempat yang wajib Anda kunjungi di sini adalahrestoran Tien Tan yang ada di jalan Calle Cuchillo dan Knife Street. Restoran ini dikelola oleh generasi kedua keturunan China-Kuba, Roberto Vargas Lee.

havana-kuba

2. Kolkata, India

Menurut sensus terbaru di tahun 2012, ada sekitar 5 ribu-10 ribu penduduk keturunan China yang masih bermukim di Kolkata, India. Di kawasan pecinan di sini, Anda masih bisa menemukan tempat ibadah umat Taoist, warung yang menyajikan dimsum dalam keranjang bambu, dan penganan khas Tionghoa lainnya.

Tempat yang recommended untuk dikunjungi di sini adalah restoran Tung Fong, yang menyajikan makanan perpaduan olahan India-China seperti sayur Manchurian dan ayam bumbu kari pedas.

kolkata-india

3. Bangkok, Thailand

Di malam hari, kota pecinan Bangkok ini akan mengingatkan Anda pada suasana Hong Kong di tahun 1960-an. Lebih dikenal dengan nama Yaowarat oleh para penduduk lokal, kota pecinan yang satu ini dipenuhi oleh para pedagang kaki lima yang menjajakan jajanan khas oriental yang menggugah selera.

Anda tidak boleh melewatkan restoran Yim Yim, yang dikelola oleh keturunan keempat dari Teochew (warga blasteran China-Thailand). Restoran ini menyajikan crab claws, chicken soup dan sweet yam custard.

menjelajah-9-kota-pecinan-terbaik-di-dunia

4. Manila, Filipina

Kawasan pecinan di kota ini juga dikenal dengan nama Binondo, yang juga merupakan kota pecinan paling tua di dunia. Kota pecinan ini sudah tumbuh dan berkembang sejak tahun 1590, saat Spanyol masih menjajah dan menyebarkan pengaruhnya lewat masyarakat katolik China. Tempat yang paling seru untuk dikunjungi adalah The Carvajal Street, yang juga dikenal dengan nama ‘Lembah Payung’ karena deretan payung yang melindungi stan-stan makanan sepanjang jalan.

Caf Mezzanine di jalan Ongpin tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi kawasan ini. Kuliner yang paling laris adalah The infamous Soup No. 5, yang terbuat testis banteng. Berani coba?

manila-filipina

5. Johannesburg, Afrika Selatan

Imigran China mulai berdatangan ke Johannesburg sejak awal abad ke-19, untuk mengadu nasib di tambang emas Transvaal yang sangat terkenal itu. Ada dua kota pecinan di dalam kota Johannesburg, dan dua-duanya mendatangkan pemasukan yang sangat besar untuk daerah. Kota pecinan yang ada di Commissioner Street merupakan surga belanja bagi Anda yang memangshoppaholic.Sedangkan kota pecinan yang ada Cyrildene adalah pusat kebudayaan China yang begitu menghibur.

Cobalah kuliner di Swallows Inn, yang merupakan restoran China yang paling tua di Johannesburg. Pelayan di sini bisa melayani Anda dengan bahasa Kanton, Afrika, dan Inggris.

johannesburg-afrika-selatan

6. Melbourne, Australia

Imigran China berdatangan ke Australia untuk mengadu nasib pada zaman Gold Rush dulu. Anda bisa menikmati keseruan kota pecinan ini dengan maksimal pada saat Asian Food Festival digelar, yaitu sekitar Agustus-September, dan Tahun Baru China, pada bulan Januari atau Februari.

Jangan lupa untuk mencobadumplingpaling lezat di Australia yang ada di HuTong Dumpling Bar, yang memiliki menu andalansoup-packed xiaolongbao, dan “money bags” (wonton goreng berbentuk seperti dompet kecil).

melbourne-australia

7. Vancouver, Kanada

“Forget Hongcouver, here comes Chinada!” adalah salah satu jargon yang paling terkenal di Vancouver, Kanada. Anda bisa menikmati pasar malam yang super ramai di kota pecinan ini, dengan pesona kulinernya yang seakan tiada akhir.

Restoran yang tidak boleh Anda lewatkan adalah New Town Bakery and Restaurant, apalagi bagi Anda penyuka kue-kuean dan makanan manis lainnya. Beberapa menu favorit di sini adalahpineapple buns, egg tarts, steamed custard buns, apple tartsdan donat resep Tionghoa.

vancouver-kanada

8. San Fransisco, Amerika Serikat

San Fransisco sudah dikenal dunia memiliki parade perayaan Imlek yang paling heboh dan meriah di dunia. Tumbuh dan berkembang sejak tahun 1848, kota pecinan di sini sering disebut sebagai salah satu yang tertua di dunia. Gubernurnya pun adalah seorang keturunan China yaitu Edwin Lee. Dulunya, kawasan pecinan ini merupakan salah satu kawasan dengan tingkat kriminalitas yang paling tinggi di Amerika. Namun kini, anggapan itu pun sudah berubah seiring dengan semakin menonjolnya aspek multi-budaya yang dikembangkan oleh pemerintahannya.

Jika Anda adalah pecinta makanan oriental yang bercita rasa peda, Anda wajib mencoba Henry’s Hunan Restaurant, yang menyajikan dumpling dan kari tofu saus pedas.

san-fransisco-amerika-serikat

9. London, Inggris

London juga merupakan salah satu kota di dunia yang memiliki kota pecinan terbesar. Karena terletak di kawasan wisata belanja dan bisnis modern antara lain Soho, Leicester Square, Piccadilly Circus dan Covent Garden, para turis yang datang ke sini memfavoritkan resto China, rumah teh, supermarket, dan klinik tabib China, sebagai tujuan utama mereka.

Datanglah ke restoran Joy King Lau, tempat di mana Anda bisa menemukan sejuta pesona kuliner Kanton yang klasik, yang bisa membuat Anda lupa bahwa Anda sedang berada di Inggris. Rasanya seperti di China sungguhan!

london-inggris

Komentar Pembaca