Jelang PILREK, BEM Se-UNM Temui Calon Rektor

0
88

Inspiratifnews.com-Makassar Pada momen pemilihan rektor (PILREK) UNM periode 2016-2020, lembaga kemahasiswaan fakultas (BEM MIPA UNM, BEM FIK UNM, BEM FIS UNM, BEM FIP UNM, BEM FE UNM, BEM Kema F.Psi UNM, BEM FBS UNM) Universitas Negeri Makassar berinisiasi melakukan dialog dengan ketiga calon rektor yang telah lolos dalam penjaringan selasa, 2/02/16 lalu.

“harapan kami siapapun yang terpilih menjadi rektor nantinya maka kebutuhan dasar mahasiswa dapat terpenuhi, utamanya kebebasan berorganisasi bagi mahasiswa serta perbaikan implementasi kebijakan system uang kuliah tunggal yang sudah diterapkan sejak tahun 2013 di universitas negeri makassar” ujar hasrul kepada inspiratifnews

Dialog yang dilaksanakan pukul 15.00 wita jum’at kemarin, hanya dihadiri 2 (dua) kandidat calon Rektor, Prof. Heri Tahir dan Prof. Husain Syam. Aliansi badan eksekutif fakultas menilai bahwa pedoman umum lembaga kemahasiswaan (PULK) bukan lagi acuan dalam menjalankan roda organisasi selama ini akan tetapi aturan kemahasiswaan. Sementara, PULK dan atruran kemahasiswaan memiliki ruang lingkup yang berbeda serta banyak bertentangan dengan Permen 155 dan STATUTA UNM 2002.

“Selain itu, pengimplementasian kebijakan system uang kuliah tunggal di UNM masih mengalami beberapa pelanggaran dalam pelaksanaan di lapangan. Berdasarkan hasil temuan GERAM UNM dari tahun 2013 sampai 2014 bentuk pelanggaran system uang kuliah tunggal seperti tidak adanya parameter dalam penentuan golongan uang kuliah tunggal di UKT di UNM dan masih banyaknya pungutan diluar UKT di UNM serta Prodi tidak dilibatkan dalam penentuan unit cost” tambah hasrul

Adapun hasil dialog yang berlangsung di ruang rapat lantai 6 (enam) kemahasiswaan pinisi, membuahkan hasil kesepahaman antara Aliansi BEM fakultas UNM dengan 2 (dua) calon kandidat Rektor yakni Lembaga kemahasiswaan harus dilibatkan kedalam penyusunan pedoman umum lembaga kemahasiswaan namun, tetap memperhatikan hak dan kewajiban masing-masing pihak yang berwenang dalam hal ini senat universitas dengan lembaga kemahasiswaan. (MF)

Komentar Pembaca