Juventus Rebut Puncak Klasemen Setelah Kalahkan Napoli 1-0

0
25

Inspiratifnews.com-Sport Klub berjeluk Si Nyonya Tua Juventus berhasil memenangi partai big match menghadapi Napoli dengan skor 1-0. Kemenangan tersebut pun membawa Juventus menduduki puncak klasemen Serie-A Italia.

Gol tunggal Juventus pada pertandingan tersebut dicetak oleh Simone Zaza pada menit ke-88. Satu gol Zaza itu membuat Bianconeri mendapatkan tiga poin dan naik ke puncak klasemen dengan nilai 57. Sedangkan Napoli turun ke posisi kedua dengan koleksi nilai 56.

Pada pertandingan yang berlangsung di Juventus Stadium, Ahad (14/2/2016) dini hari WIB, kedua tim bermain dengan ritme cepat sejak awal. Babak pertama bahkan berlangsung seru, kendati Napoli tidak mendapatkan attempts on target.

Juventus, yang bermain dengan formasi 4-4-2, mencoba menekan dari kedua sayap; sayap kanan diisi oleh Juan Cuadrado, sementara di kiri, Paul Pogba mendapatkan bantuan dari Patrice Evra. Napoli di sisi lain, bermain dengan formasi mereka biasanya: 4-3-3.

Pada menit ke-19, Pogba mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Ia mengeksekusi tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti Napoli. Namun, tendangan gelandang asal Prancis itu masih melebar dari sasaran.

Sampai setengah jam pertandingan berjalan, Napoli masih belum bisa mendapatkan satu pun shot on target ke arah gawang Juventus. Mereka baru bisa mendapatkan peluang bersih pada menit ke-33, ketika tendangan dari Allan melebar di sisi gawang yang dikawal Gianluigi Buffon.

Sementara itu, Juventus masih kesulitan untuk menembus pertahanan rapat Napoli. Ini membuat Pogba beberapa kali berusaha membobol gawang Pepe Reina dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, berulang kali usaha Pogba gagal.

Pada menit ke-34, Napoli melancarkan serangan balasan. Sebuah umpan silang dari kanan nyaris saja disambar oleh Gonzalo Higuain yang berada di sisi kanan. Beruntung bagi Juventus, Leonardo Bonucci dengan sigap memotong umpan tersebut sehingga hanya menghasilkan sepak pojok untuk Napoli.

Dari tendangan penjuru itu, Napoli kembali mendapatkan kans. Bola yang dilambungkan ke dalam kotak penalti Juventus langsung disambar oleh Raul Albiol, tetapi tendangan Albiol masih bisa diblok oleh Gianluigi Buffon.

Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, kedua tim kembali memulai pertandingan dengan ritme yang sama. Peluang bersih pertama di babak kedua didapatkan oleh Juventus.

Pada menit ke-62, Pogba mengirimkan umpan datar dari sisi kiri, yang kemudian diterima oleh Dybala. Penyerang asal Argentina itu kemudian melepaskan sepakan kaki kiri, namun tendangannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Setelahnya, tidak banyak peluang bersih tercipta. Meskipun mendominasi penguasaan bola, Napoli sangat sulit untuk menembus pertahanan Juventus. Serangan yang mereka lancarkan seringkali mandek.

Baru pada menit ke-79 mereka mendapatkan kans. Tendangan Marek Hamsik dari luar kotak penalti masih melambung. Tak lama setelahnya, gantian Higuain yang mendapatkan kans. Tetapi, tendangan Higuain –yang juga dilepaskan dari luar kotak penalti– masih menyamping.

Justru Juventus yang akhirnya mencetak gol. Pada menit ke-88, Zaza menerima bola dari Patrice Evra. Setelah menggiring bola, berputar untuk mencari posisi tembak, pemain bernomor punggung 7 itu melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Tendangan Zaza sempat mengenai kaki Albiol sehingga mengubah arah bola. Pepe Reina pun salah membaca arah bola dan gagal menghalau sepakan keras Zaza. Bola pun melesak masuk ke dalam gawang Napoli.

Dengan sisa waktu yang sedikit, Napoli tidak mampu mengejar. Manolo Gabbiadini sempat berusaha dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Tetapi, sama seperti peluang-peluang Napoli sebelumnya, tendangannya meleset.

Pertandingan ini pun berakhir dengan kemenangan Juventus dengan skor 1-0

Susunan Pemain:

Juventus: Buffon; Lichtsteiner, Bonucci (Rugani 52), Barzagli, Evra; Cuadrado, Khedira, Marchisio, Pogba; Morata (Zaza 57), Dybala (Alex Sandro 85).

Napoli: Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Allan (Gabbiadini 89), Jorginho, Hamsik; Callejon, Insigne (Mertens 77), Higuain. (uc2)

Komentar Pembaca