Kader IMM Bantaeng Wakili Indonesia dalam Ajang Youth Excursion 2016 di Malaysia

0
109

Inspiratifnews.com-Bantaeng Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan, adalah Andi Sri Hardiyanti (Mahasiswi Unismuh Makassar) dan Andi Eka Nur Wahyu (Mahasiswi Unhas Makassar) kader IMM Bantaeng terpilih menjadi Delegasi Indonesia dalam agenda Youth Excursion (YOUTEX) Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) 2016. Acara bergensi yang terselenggara di Malaysia ini terlaksana dari 2-6 Mei 2016 mendatang.

Acara Youth Excursion (Youtex) yang akan dilaksanakan di Malaysia, ialah kegiatan berkumpulnya para pemuda-pemudi ASEAN dengan tujuan untuk belajar pemahaman ide dan tindakan nyata yang perlu dilakukan dalam memahami kebudayaannya. Dengan berbagai macam kegiatan diantaranya melakukan riset di pasar malaysia, company visit ke kantor Grab Taxi dan MAGIC Malaysia, University Visit ke University of Malaya serta Leadership Symposium di Kedubes RI di Malaysia.

Seperti diketahui, kegiatan ini ditujukan khusus untuk 100 anak muda terpilih yang memiliki passion di bidang entrepreneurship, social, culture dan leadership serta siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Lebih dari 1.733 total peserta dari Indonesia yang mendaftar dan hanya 100 delegasi yang terpilih dan dua diantaranya adalah Kader IMM Bantaeng.

“Proses seleksi dilakukan secara online. Meliputi data diri, track record organisasi dan bisnis, letter of motivation serta seleksi kesiapan secara berkas maupun materi” jelas Eka kepada Inspiratifnews, Ahad (17/4/2016).

Dengan menyisihkan 1.000 peserta lain lewat sebuah essay , kedua mahasiswi ini sangat yakin bahwa menjadi hal penting khususnya untuk menghadapi MEA yang telah berlangsung saat ini. Bagaimana anak-anak muda di Indonesia, mau tidak mau harus siap bersaing, apalagi di Indonesia dengan pasar yang paling besar.

Pada tanggal 2-6 Mei 2016 mendatang, proyek yang sedang mereka kaji ini akan dibawa ke Malaysia dan di sanalah kemudian mereka akan mempresentasikan kepada negara-negara ASEAN lainnya, bagaimana prospek, kinerja dan benefit yang akan dihasilkan dari kolaborasi UMKM dengan budaya lokal yang ada di Indonesia khususnya di Bantaeng.

“Nanti tanggal 2 Mei akan kami bawa ke Malaysia dan kemudian dipresentasikan di dalam forum Youth Exercusion baik bagaimana prospek, kinerja dan benefit ke depannya untuk Bantaeng dan Indonesia. Yang penting adalah bagaimana peran orang tua yang memberikan dukungan kepada kami serta besar harapan kami dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bantaeng.” jelas Dian, perempuan yang menjabat sebagai Sekum PC IMM Bantaeng.

Mereka juga berharap ilmu yang akan meraka dapatkan setelah mengikuti kegiatan tersebut dapat diaplikasikan di Indonesia untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia khususnya daerah terpencil di Kabupaten Bantaeng. (uc2)

Komentar Pembaca