KADIN Sidrap Gelar Seminar Ekonomi se Ajatappareng

0
124

Inspiratifnews.com-Sidrap Kamar Dagang dan Industri ( KADIN ) Indonesia Kabupaten Sidrap menggelar acara Seminar Ekonomi Ajatappareng 2016. Kegiatan ini bertajuk ” Kesiapan pelaku UMKM Ajatappareng dalam menyambut MEA ” Selasa, (12/1/2016).

Hadir sebagai narasumber H. Taqyuddin Djabbar Wakil Ketua KADIN Sulsel, M. Daenur Hafsa Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMKD) Ajatappareng dan Hamka Lokki Asisten 1 Pemkab Sidrap.

Taqyuddin Djabbar mengatakan bahwa MEA ini bisa menjadi sebuah peluang dan juga bisa ancaman.
” Pelaku Usaha harus mempersiapkan beberapa hal menghadapi MEA, diantaranya skill yang inovatif, kompetensi yang berdaya saing dan mindset yang kuat ” jelas Taqyuddin Djabbar yang juga Presiden IMA Ajatappareng tersebut.

Disisi lain M. Daenur Hafsa lebih menekankan pada peran dan fungsi perbankan dalam membantu pengusaha UMKM dalam produksinya.
” Salah satu solusi untuk menghadapi MEA, kita harus mendorong UMKM untuk lebih progresif dalam melakukan produksi yang kreatif “.

Lanjut Daenur yang juga pimpinan bank Sulsel cabang Pare-Pare ini bahwa Bank siap mengfasilitasi masyarakat lokal dalam pengembangan usahanya.

Sedangkan Hamka Lokki, yang mewakili Bupati Sidrap lebih mendorong sinergitas seluruh stakeholder dalam menjawab tantangan MEA.
” Pemerintah bukan malaikat yang mampu memenuhi semua kebutuhan masyarakat, namun yang terpenting adalah sinergitas antar seluruh elemen dalam menjawab tantangan MEA.
Abdul Jabbar A. yang bertindak sebagai Moderator dalan kegiatan tersebut, juga sempat memberikan beberapa ulasan terkait MEA.
” MEA itu tujuan utamanya adalah untuk mengintegrasikan perekonomian antar negara yang tergabung dalam ASEAN ” ungkap Ketua HIPMI PT Sidrap tersebut.
Lanjut Jabbar, bahwa secara global bisa jadi MEA ini akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ketiga di dunia setelah ekonomi kapitalis dan ekonomi sosialis.
Kegiatan seminar ini dilaksanakan di Kedai Ruby Grand Sidy Hotel Pangkajene Sidrap.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KADIN Sidrap A.M. Yusuf Ruby, Direktur Utama Harian Pare Pos H.M. Harun Hamu, Ketua IWAPI Sidrap Heriyani Yuki, Ketua PWI Ajatappareng Hasman Hanafi, Insan Pers, Pelaku UMKM, Pemuda/ Mahasiswa dan masyarakat umum lainnya. (Uc2)

Komentar Pembaca