Kadis Kesehatan Imbau Calon Jamaah Haji Terapkan Pola Hidup Sehat Di Tanah Suci

0
46

Inspiratifnews.com-Enrekang Kementrian Agama Kabupaten Enrekang dalam rangka menyambut musim haji tahun 2018 M/1438 H menggelar manasik haji di Masjid Agung Kabupaten Enrekang, Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Juppandang Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Jum’at, (21/07/2017).

Dalam kegiatan manasik haji tersebut dirangkaikan dengan beberapa jenis kegiatan diantaranya bimbingan Kesehatan dalam pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 2018 nanti, bertindak selaku pemateri adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang Dr. Marwan Ahmad Ganoko.

Dalam pemaparan materinya Kepala Dinas Kesehatan Dr. Marwan Ahmad Ganoko mengatakan “dalam kegiatan manasik haji kali ini kami memberikan tentang bagaimana seorang calon jamaah haji tetap dalam keadaan sehat selama mengikuti proses Ibadah Haji di tanah suci, para calon jamaah selama berada dilokasi tetap dalam perilaku hidup sehat, bersih, banyak minum air putih dan menggunakan pakaian tebal saat malam hari” Ungkapnya di hadapan calon jamaah haji.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk menjaga lebih menjaga kesehatan hendaknya memperhatikan pola makan, memperbanyak makan sayur dan buah serta mengkonsumsi vitamin untuk saat ini para calon jamaah dianjurkan untuk olah raga rutin dan jalan cepat minimal 4-6 Km setiap harinya, pada saat bangun tidur untuk menyesuaikan suasana selama berada di Arab Saudi.

“makan segera bl waktunya, banyak makan buah dan sayur serta vitamin, saat ini dianjurkan untuk olah raga rutin dan jalan cepat minimal 4-6 km setiap harinya, bangun dini hari dan keluar rumah untuk menyesuaikan suasana seperti di arab saudi” Jelaanya.

Selain itu ia juga berpesan agar para jamaah agar segera melakukan imunisasi meningitis jika ada yang mengidap penyakit DM, Tekanan darah tinggi dan Jangtung.

“agar tetap kontrol dan menjaga kesehatan dan menekankan kepada seluruh jamaah calon haji hal yang penting adalah setiap jamaah calon haji jangan segan untuk berkonsultasi dan periksa ke petugas kesehatan  haji yang terdiri satu orang dokter dan dua orang para medis sehingga kadis berdoa dan berharap calon jamaah haji enrekang sehat dan kembali dengan haji mabrur”. kuncinya. (*)

Komentar Pembaca