Kak Seto : Belajarlah Kota Ramah Anak DiSulsel

0
131

Inspiratifnews.com – Makassar,- Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia Dr.Seto Mulyadi mengapreasi kinerja LPA sulsel yang hingga saat ini masih tetap konsisten dalam melakukan advokasi hak-hak anak. Menurut Kak Seto, LPA sulsel dicatat oleh sejarah sebagai LPA yang paling aktif di Indonesia hingga saat ini.

“LPA Sulsel merupakan LPA yang paling aktif selama ini dan memiliki banyak kader yang terus bekerja,” ujar Kak Seto saat berdiskusi dengan para pemerhati anak sulsel di starbucks makassar Minggu (11/2). Dia menjelaskan bahwa LPA sulsel perlu disupport dan terus didorong untuk melakukan advokasi terhadap anak. Dia juga sangat bangga dengan kinerja LPA sulsel yang sudah membentuk LPA tingkat kabupaten.

“ini sangat bagus sehingga akses LPA bisa semakin menyentuh ke masyarakat, dan makin dekat dengan anak,” tegasnya. Dia merespon baik akan adanya beberapa daerah yang mencanangkan program ramah dan layak anak. Menurutnya untuk mewujudkan kota atau kabupaten layak anak harus dimulai dari tingkat RT/RW sehingga harus dibentuk satgas hingga paling bawah.

“LPA Indonesia harus belajar ke LPA sulsel terkait dengan perlindungan anak,” ujarnya. Apalagi saat ini di kota Makassar dan daerah disulsel sedang memprogramkan kota ramah anak. Hal senada juga direspon baik oleh Ketua DPRD Maros, Chaidir Syam yang hadir dalam diskusi tersebut. Dia menjelaskan bahwa saat ini pihak DPRD Maros sedang menginisiasi rancangan perda terkait dengan Maros kabupaten ramah anak.

“Saat ini di DPRD sedang membuat ranperda inisiatif untuk menjadikan Maros sebagai kabupaten ramah anak,” ujarnya. Apalagi saat ini lanjut Chaidir di Maros sudah ada LPA Maros sehingga bisa bersinergi dan bersama-sama dalam mewujudkan perda ini demi kepentingan anak. Disulsel sendiri saat ini sudah ada lima LPA di tingkat kabupaten salahsatuya kabupaten Maros.

“saat ini sudah ada lima kabupaten yang memiliki LPA disulsel dan dalam waktu dekat LPA Sulbar juga akan dibentuk,” ujar Ir FAdiah Machmud ketua LPA sulsel yang mengdampingi Ketua LPA Indonesia Seto Mulyadi di Makassar. (*)

Komentar Pembaca