4 Kampus IT Terbaik di Sulsel

1
4205

Inspiratifnews.com-Pendidikan, Berdasarkan dari data Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) wilayah IX Makassar, ada 4 Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Unggulan di Sulawesi Selatan, berikut profil singkat kampus tersebut :

 

inspiratifnews.com-stmikHandayani

STMIK HANDAYANI

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Handayani adalah Lembaga Pendidikan Tinggi di Kopertis Wil. IX yang didirikan sejak tahun 1996, menyelenggarakan pendidikan berbasis IT (Information Technology).

STMIK Handayani didirikan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 37/D/O/1996 tanggal 21 Juni 1996 yang pada saat itu membina 4 (empat) program studi, masing-masing : Program Pascasarjana, Magister Sistem Komputer (S2), Program Sarjana,Teknik Informatika (S1),dan Teknik Komputer/Sistem Komputer (S1), Program Diploma, Manajemen Informatika (D3),Komputerisasi Akuntansi (D3),

Sejak dirintis pendiriannya oleh Dr. H. Moh. Alifuddin, MM, M.Kom  tahun 1996, STMIK Handayani mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan baik segi kuantitas maupun kualitas. Sejak tahun 2012 STMIK Handayani telah menempati gedung baru di jalan adhiyaksa Baru yang diistilahkan dengan Gedung Toga, yang sebelunya beralamat Urip Sumoharjo km.4 (fly over) Selain Pembenahan infrastruktur, Manajemen STMIK Handayani juga mengupayakan pengembangan Sumberdaya manusia, salah satu perwujudannya adalah dengan melakukan studi banding secara kontinyu ke beberapa Institusi dan Kampus selain itu STMIK Handayani juga menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan Tinggi Nasional untuk pengembangan di segala bidang, Di lingkup pengembangan skill kemahasiswaan sendiri tidak luput dari perhatian, hampir setiap even kejuaraaan Robotika, Tim robot STMIK Handayani yang terdiri dari Mahasiswa dan Dosen pendamping selalu ikut ambil bagian dan telah menorehkan berbagai prestasi.

 

inspiratifnews.com-stmikdipanegara

STMIK DIPANEGARA

Dipanegara diambil dari nama salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia, yaitu Pangeran Dipanegara. Pemilihan nama Pangeran Dipanegara atau lazim disebut dengan Diponegoro didasarkan atas kenyataan kesejarahan dari tokoh itu dalam sejarah perjuangan negara dan bangsa untuk membebaskan bangsanya dari pemerintahan kolonial.

Adapun Program Studi yang diselenggarakan meliputi Program Sarjana, Sistem Informasi dan Teknik Informatika, selanjutnya Program Diploma, Manajemen Infotmatika. Kampus ini beralamat di jalan perintis kemerdekaan.

 

inspiratifnews.com-lambang-stmik-akba-small

STMIK AKBA

Sejarah berdirinya STMIK AKBA tidak bisa terlepas dari sejarah Yayasan Pendidikan Kartini (Yapenka) Makassar. Yayasan yang berdiri pada tanggal 10 Februari 1995 ini, pada awalnya menyelenggarakan kursus-kursus keterampilan komputer, bahasa Inggris, akuntansi, menjahit, dan musik..

Pada tahun 2007, Yapenka membuka program pendidikan setara Diploma Satu yang diberi nama Akademi Komputer, Bahasa, dan Akuntansi (AKBA). Pendidikan ini memberikan tiga kemampuan sekaligus yaitu kemampuan komputer, bahasa Inggris, dan akuntansi. Pada tanggal 18 Desember 1998, AKBA berubah menjadi Akademi Ilmu Komputer AKBA (AIK AKBA) berdasarkan SK Mendiknas No. 171/O/1998. Pada bulan Juni 2008, AIK AKBA berubah status menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AKBA (STMIK AKBA) berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 106/D/O/2008. Hingga kini STMIK AKBA yang menempati kampus sendiri di jalan Perintis Kemerdekaan no. 75 Makassar ini menyelenggarakan pendidikan dengan Program Sarjana, Sistem Informasi (S1), dan Teknik Informatika (S1), Program Diploma 3 Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatik (D3), dan Komputerisasi Akuntansi (D3). Kampus ini beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan letaknya tak jauh dari kampus STMIK Dipanegara.

 

inspiratifnews.com-stmik kharisma

STMIK KHARISMA

STMIK KHARISMA Makassar yang secara resmi berdiri pada tanggal 29 Maret 2000, cikal-bakalnya telah dirintis sejak tahun 1991, dan telah berkonsentrasi penuh dalam usaha mendidik dan menghasilkan sumberdaya manusia, berupa tenaga-tenaga profesional sebagai pengelola hingga penanggung jawab pengelolaan sumberdaya informasi.

STMIK KHARISMA Makassar saat ini telah menghasilkan ribuan alumni dari dua program studinya, yaitu program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika, meliputi jenjang pendidikan S1, D-III, dan D-I.

Kurikulum STMIK KHARISMA Makassar, telah disusun sejumlah program peminatan (konsentrasi) dalam setiap program studi di semua jenjang, diantaranya  peminat sistem informasi manajemen, sistem informasi akuntansi, rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, peminat grafik komputer dan multimedia. Peminat ini diharapkan dapat memberikan penguasaan dan penguatan yang mendalam kepada mahasiswa atas bidang kajian yang dipilihnya. Tidak ketinggalan pula bekal entrepreneurship sebagai kompetensi tambahan yang berguna jika para alumni memilih jalur berwirausaha. STMIK Kharisma beralamat di Jalan Andi Mangerangi dan Jalan Kakaktua, Makassar.

 

Nah, inilah profil singkat tentang Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer yang ada di Sulawesi Selatan. untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setidaknya ke 4 kampus IT yang ada di makassar ini dapat dijadikan referensi, demikian informasi yang dihimpun oleh redaksi inspiratifnews.com.(ish)

Komentar Pembaca