Kampus UPA Dorong Penguatan “Sekolah Ramah Anak” di Gowa

0
291
A.Nurmah Amaliah Mahasiswi Ekonomi Universitas Patria Artha memimpin peserta SEMINAR NASIONAL "Penguatan Sekolah Ramah Anak", minggu (12/3).

Inspiratifnews.com – Makassar, Sebagai upaya untuk mendukung Sekolah Ramah Anak yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, Universitas Patria Artha (UPA) Kabupaten Gowa menggelar “Seminar Nasional Penguatan Sekolah Ramah Anak” di kampus UPA, Jalan Tuan Abdul Razak, minggu 12 maret.

Seminar Sekolah Ramah Anak bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Gowa dan Penerbit Erlangga, dihadiri 200an peserta Seminar dari berbagai institusi pendidikan Swasta dan Pemerintah. Susanto, MA menjadi Narasumber Seminar Penguatan Sekolah Ramah Anak.

Tingginya kekerasan pada Ibu dan Anak, disebabkan adanya proses edukasi yang mulai bergeser baik dilingkungan keluarga dan lingkungan pendidikan, memang angka kekerasan bagi pendidik terhadap anak mulai menurun tetapi yang sangat mengherankan malah pelaku kekerasan meningkat pada Anak Didik, Susanto Menjelaskan.

Olehnya itu, Metode pembelajaran pada Anak didik harus relevan dengan zamannya, sebab konsep pendidikan berkembang diiringi disiplin ilmu juga berkembang, Sekolah Ramah Anak dapat dijadikan solusi untuk pembinaan mental pada Anak Didik, ungkap Susanto.

“Salah satu contoh penerapan Sekolah Ramah Anak, ketika Pendidik memberikan hukuman saat Anak Didik melanggar materi pembelajaran yang diajarkan Pendidik mesti mempertimbangkan dampak Positif dan Negatif terhadap Anak sehingga tidak menjadi bias pada prilaku Anak Didik”, papar Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di Jakarta.

Salah satu langkah yang ditempuh Kampus UPA untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) penggiat pendidikan di Kabupaten Gowa dan juga sebagai Penguatan Sekolah Ramah Anak, Kampus UPA telah membuka program Magister Manajemen Pendidikan, yang telah diakui oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan Badan Akreditasi International (BAI) dari PT URS London tahun 2007. (*)

Komentar Pembaca