Kantor PAD Siapkan Rp1,65 Milyar Untuk Buku Bacaan

0
53

Inspiratifnews.com-Pinrang– Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi kabupaten Pinrang meyiapkan anggaran sebesar Rp1,65 untuk program Pengadaan Buku Bacaan.

Kepala Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Pinrang HM.Aswin mengatakan, sekolah penerima program Buku bacaan itu, dipersyaratkan diantaranya harus memiliki ruang penempatan buku dan pengelola perpustakaan ” Jika tidak memiliki persyaratan itu, maka sulit untuk menerima buku bacaan pada program ini ” kata dia, di Pinrang jumat 15/1/2016 .

Tahun sebelumnya kata dia, kantor yang dipimpinnya telah membagikan  200 eksampler buku bacaan  per sekolah sekaligus mencetuskan beberapa program  diantaranya Program Gemar membaca ” Untuk mendukung program itu, kita aktifkan mobil perpustakaan keliling dan call centre “

Sebelumnya Kordinator Tekhnik Program Buku Bacaan Berjenjang (B3) United States Agency for International Development (USAID) provinsi Sulawesi Selatan Hamzah mengatakan, masalah terbesar yang dihadapi anak anak Indonesia saat ini adalah rendahnya perolehan tingkat literasi dan budaya membaca.

Faktanya kata dia, pada anak anak kita kelas awal yakni tingkat SD dan Madrasah Ibtidaiyyah (MI), murid kelas awal ini sudah dapat membaca, namun untuk memahami bacaan itu belum dapat mereka lakukan ” Olehnya itu USAID memprioritaskan gerakan program Buku Bacaan Berjenjang ( B3) untuk tahun ini “.

Buku Bacaan Berjenjang ini lanjut dia, dikemas oleh stakeholder Pendidikan diantaranya Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama dan Yayasan Literasi Anak Indonesia ( YLAI) untuk menjadi bahan referensi di tingkat pusat.

United States Agency for International Development (USAID) yang menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Pinrang sejak 2012 silam, kembali memprogramkan program B3 itu, dengan memberikan pelatihan tingkat sekolah terkait pemamfaatan buku tersebut sekaligus membagikan buku B3 masing masing 600 eksampler kepada 113 sekolah yang ada di Kabupaten Pinrang.

Asisten I Pemerintah Kabupaten Pinrang Mantong mengatakan, Jajaran Kabupatenn Pinrang mengapresiasi program yang diluncurkan oleh Usaid ” Dengan mengimplementasikan program ini dengan baik, maka Pinrang dapat menjadi salah satu daerah berbasis pendidikan “.(ish)

Komentar Pembaca