Kapal Phinisi Menginspirasi Desainer Pinrang ke Ajang Puteri Indonesia 2016

0
105
Yusuf sedang memakaikan busana Kapal Phinisi kepada Yulinar sebelum bertolak ke Jakarta menjalani masa karantina.

Inspiratifnews.com, Makassar-Muhammad Yusuf Usman Isa, pemuda kelahiran Pinrang yang sedang meniti karier di dunia fashion desainer secara otodidat sejak awal tahun 2012. Tahun 2016 merupakan tahun keberuntungan baginya sejak digelutinya dunia fashion desainer tersebut, karena telah mendapatkan kesempatan dalam mensponsori busana finalis Puteri Indonesia 2016 asal Makassar Sulawesi Selatan Yulinar Pratiwi Arif yang merupakan salah satu Mahasiswa Universitas Hasanuddin.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan secara maksimal oleh Yusuf dalam menyalurkan bakatnya dan mempertaruhkan nama Sulawesi Selatan dalam kanca Nasional khususnya dalam pemilihan Puteri Indonesia 2016. Salah satu kategori dalam pemilihan Puteri Indonesia 2016 adalah Traditional Costume. Dalam merancang dan merangkai traditional costume tersebut, Yusuf terinspirasi salah satu kekayaan Bugis-Makassar yaitu Kapal Phinisi asal Kabupaten Bulukumba yang sudah dikenal baik dalam negeri maupun manca negara.

“Kapal Phinisi merupakan kekayaan Bugis-Makassar yang memiliki daya tarik dan bentuk yg menarik,unik & mahal serta terlihat sangat klassik, dilengkapi dengan 7 potongan layar yg simpel & elegant” ucap Yusuf.

Tentu kita semua sangat mengenal kapal phinisi, kapal nusantara yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia. Phinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia yang berasal dari Suku Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal ini di buat di desa Bira, kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba.

Phinisi sebenarnya merupakan nama layar dan umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua dibelakang. Kapal phinisi biasanya digunakan sebagai kapal pengakutan barang antar pulau.

Dua tiang layar dari kapal phinisi memiliki arti yang melambangkan dua kalimat syhadat dan untuk ketujuh buah layar phinisi melambangkan jumlah ayat dari surat Al- Fatihah. Phinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang utama dan tujuh layar yang juga mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengarungi tujuh samudera besar di dunia.

“Busana Kapal Phinisi yang saya rancang ini, nantinya akan dilombakan sebagai traditional costume dan saya merasa bangga bisa mengangkat salah satu khas dan kekayaan suku Bugis-Makassar Sulawesi Selatan ini. Saya mohon do’a dan dukungannya kepada Finalis Puteri Indonesia asal Sulsel supaya jadi Finalis Puteri Indonesia tahun 2016” tambahnya.

Yulinar sebagai Finalis Puteri Indonesia asal Sulsel telah berangkat ke Jakarta kemarin (8/2/2015) untuk menjalani proses karantina selama beberapa hari kedepan. (IR)

Citizen Reporter; Sulaiman Mamma

BAGIKAN

Komentar Pembaca