Kasihan, Anak-Anak Usia Sekolah di Sinjai Butuh Perhatian Pemerintah

0
272

Inspiratifnews.com, Sinjai-Dusun Lappara, Desa Kompang. Secara administratif, Desa Kompang masuk dalam wilayah Kecamatan Sinjai Tengah, Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan. 

 

Di Dusun Lappara inilah terdapat Sekolah Alam Lappara tepatnya di kaki Gunung Pattontongan. Kondisi sekolah tersebut sangat jauh dari kelayakan. Bangunan yang terbuat dari bambu dan kayu tak berdinding, beralaskan tanah, meja dan bangku yang mulai rapuh, buku-buku tua yang masih menerapkan kurikulum tempo doeloe melengkapi ketertinggalan Dusun Lappara dalam dunia pendidikan.

 

Menurut warga sekitar, Sekolah Alam Lappara sempat menjadi kelas jarak jauh Sekolah Dasar Negeri No. 5 Lappara dan diajar oleh seorang guru. Hal ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten karena akses jalanan ke Dusun Lappara begitu jauh dan curam hanya bisa dilalui sepeda motor. Namun, sistem kelas jarak jauh tidak berlangsung lama, sang guru yang ditugaskan mengajar di sekolah alam mengundurkan diri.

 

Dusun Lappara sejak dulu tertinggal mulai dari kesejahteraan masyarakat sampai pendidikan. Kondisi ini dibuktikan dengan banyaknya rumah yang masih tidak layak huni dan puluhan anak-anak yang seharusnya bersekolah, tetapi tidak bersekolah karena akses jalan dari rumahnya ke dusun sebelah, jaraknya harus berjalan selama dua jam dan jalannya pun sangat memprihatinkan.

Jumlah peserta didik yang ada di Sekolah Alam Lappara sekitar 20 orang. Jumlah yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan sekolah formal pada umumnya. Akan tetapi, jumlah tersebut sudah mencukupi untuk bangunan sekolah yang hanya memiliki satu ruangan kelas dan dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Sekolah Alam Lappara.

 

Tak bisa dipungkiri anak-anak Dusun Lappara yang tercatat sebagai peserta didik di Sekolah Alam Lappara ini memiliki banyak kekurangan dari segi pengetahuan. Masih banyak di antara mereka yang belum bisa membaca dan mengenal angka bahkan dari hal terkecil pun  mereka tidak tahu mengenai tanggal kelahirannya.

 

“Anak-anak di kampung Lappara kalau mau sekolah di luar kampung harus berjalan kurang lebih 2 jam untuk sampai di kampung sebelah yang memiliki sekolah yang lebih layak, namun kami selalu khawatir akan keselamatan mereka diperjalanan sehingga tidak berani menyekolahkan anak-anak diluar kampung” Kata Puang Anca selaku tokoh agama di Kampung Lappara.

 

Melihat fenomena tersebut, beberapa kalangan mahasiswa tergerak hatinya untuk membentuk sebuah organisasi yang kemudian diberi nama Sikola Inspirasi Alam (SIA) yang menampung para relawan yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan para pemuda yang peduli terhadap pendidikan untuk menjadi relawan dan mengajar di Sekola Alam Lappara selama 3 hari. Sikola Inspirasi Alam memberangkatkan relawan satu kali dalam sebulan, setiap pemberangkatan relawan akan diganti dengan relawan yang baru melalui sistem pendaftaran.

 

“Semua Relawan yang dibawa ke sekolah alam lappara tidak ditanggung biaya apapun dan seluruh persiapan menjadi tanggungan para relawan, untuk itu kami sangat  membutuhkan bantuan dari masyarakat yang mau memberikan sumbangsinya untuk kelancaran pemberangkatan relawan dan juga untuk kelancaran aktivitas belajar disekolah alam lappara baik berupa buku, seragam dan semua hal hal yang di anggap bermanfaat untuk masa depan generasi bangsa yang ada di kampung Lappara”, Ungkap M. Faisal, Kepala Sikola Inspirasi Alam yang akrab di panggil Faisal.

 

Anak-anak di kampung lappara adalah pelita yang harus terus menyala dan menerangi gelap dan kerasnya arus kehidupan mereka. Untuk terus menyala mereka membutuhkan wahana dan warna dalam menjalani hari-hari mereka, salah satunya adalah melalui pendidikan.

 

Sementara meningkatkan taraf pendidikan anak bangsa merupakan salah satu jalan menjaga generasi untuk Indonesia yang lebih baik dimasa depan.

Mereka membutuhkan uluran tangan kita untuk berbagi, mereka pada dasarnya sama dengan anak-anak pada umumnya. Mereka juga membutuhkan perhatian yang besar terhadap potensi yang mereka miliki. Bagi masyarakat yang ingin memberikan sumbangsi dan donasi bisa menghubungi contac person yang telah kami sediakan.

Telepon : Ahmad Amiruddin : 0852-1513-5981

A. Irwansa : 0852-9988-6882

No. Rek. Bank BNI Atas Nama   A. Irwansa 0206020252

 

“Mudah-mudahan semua elemen yang peduli terhadap masa depan anak-anak negeri ini tergerak hatinya untuk membantu, terutama Pemerintah Daerah Sinjai untuk segera melakukan perhatian terhadap nasib rakyatnya di dusun Lappara ini” Ucap Abd. Rahman salah satu aktifis Sikola Inspirasi Alam saat dikonfirmasi (22/07/2016)*.

 

Beberapa dokumentasi aktifitas Sikola Inspirasi Alam Lappara:

Suasana Ruangan Belajar Sikola Inspirasi Alam
Suasana Ruangan Belajar Sikola Inspirasi Alam
Sikola Inspirasi Alam nampak dari depan
Sikola Inspirasi Alam nampak dari depan
Suasana Ruangan Belajar Sikola Inspirasi Alam
Suasana Ruangan Belajar Sikola Inspirasi Alam
Suasana Belajar di salah satu rumah warga
Suasana Belajar di salah satu rumah warga

Komentar Pembaca