Kemendagri bangun Sekolah Damkar di Makassar

0
103

Inspiratifnews.com-Makassar, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berencana membangun Sekolah Pemadam Kebakaran (Damkar) di Indonesia. Ada sejumlah daerah yang ditargetkan menjadi pusat studi tersebut yakni, Makassar, Nusa Tenggara Barat, dan Jatinangor.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, sekolah tersebut sama seperti halnya sekolah Satpol PP, dan Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Namun bentuknya bukan sekolah tinggi, lebih setara kepada jurusan atau akademi.

“Kami akan kembangkan sekolah pasukan pemadam kebakaran. Ini kan belum ada sekolahnya. Setara akademi dan ada ikatan dinas. Pertama belum ada di Indonesia,” ujar Tjahjo, Rabu (9/2).

Menurut Tjahjo, alasan pendirian dan pengembangan sekolah tersebut harapannya dapat memberikan pembekalan (well educated) kepada para putra putri bangsa yang berminat untuk menjadi bagian dari petugas yang memiliki slogan “pantang pulang sebelum padam” itu.

“Karena semua harus punya teknik. Itu nanti hanya sekolah pendidikan saja. Jadi memang sengaja tidak dibangun di daerah yang rawan terjadi kebakaran seperti kebakaran hutan,” ujar dia.
Saat ini rencana Pemerintah tersebut masih dalam tahap pembahasan kurikulum dan penyiapan anggaran. Pendanaanya akan diambil dari APBN 2017. Berbagai persiapan lainnya, kata dia juga telah dipersiapkan Kemendagri sejak sekarang-sekarang ini.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Dodi Riyatmadji, menambahkan karena belum ada gedung untuk proses pembelajaran di sekolah tersebut, maka untuk sementara kegiatan belajar mengajar akan menggunakan kelas-kelas atau ruang kosong di IPDN.

“Nebeng dulu dengan IPDN menggunakan ruang yang kosong. Karena nanti kan lebih banyak kaitannya dengan praktik, menggunakan alat ini, alat itu. Jadi nanti pinjam kelas untuk materi,” kata Dodi.

Komentar Pembaca