Kemenkominfo Akan Buat “Permen” Untuk Netflix

0
35

Inspiratifnews-Tekno Kontroversi seputar Netflix dan layanan internet global lainnya yang sering disebut sebagai over the top (OTT) membuat Pemerintah merasa penting untuk membuat sebuah aturan khusus. Pihak Kementerian mengungkapkan sedang membuat draft dan menggodok aturan tersebut yang nantinya akan hadir menjadi Peraturan Menteri atau Permen untuk Netflix.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Bambang Heru Tjahjono mengatakan, nantinya peraturan tersebut tidak hanya berlaku bagi Netflix tetapi juga semua penyedia layanan di atas jaringan yang masuk ke Indonesia. Aturan tersebut juga akan berlaku setara bagi penyedia konten lokal.

“Peraturan itu sedang kami susun secara bertahap. Misalnya di dalamnya akan diatur bahwa Netflix dan lain-lainnya harus memiliki badan usaha tetap (BUT) di Indonesia,” ujar Bambang ketika ditemui di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (3/2/2016) seperti yang dilansir Liputan6.com

Bambang menambahkan, layanan serupa Netflix saat ini sudah memiliki BUT juga perlu berpartner dengan operator lokal, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi pemerintah Indonesia.

“Masa yang ada di dalam negeri dikenai pajak, tetapi yang dari luar enggak. Ini nantinya akan diatur secara bertahap, yang pasti mereka harus memiliki badan usaha tetap di Indonesia,” katanya.

Bambang menjelaskan, pemerintah berkewajiban untuk membuat suatu kebijakan yang sifatnya win win solution bagi kedua pihak, baik operator maupun penyedia konten. Ia juga mengatakan bahwa sepanjang sebuah layanan penyedia konten memiliki manfaat, maka pemerintah tidak akan memblokirnya.

“Tetapi Netflix kan belum memiliki sensor, karenanya nanti domain diatur Lembaga Sensor Film (LSF) yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” jelas Bambang.

Sebagaimana kita ketahui bersama, sebelumnya kehadiran layanan penyedia konten video streaming, Netflix, di Indonesia mendapatkan tantangan dari Telkom Group beberapa waktu lalu. Telkom Group mengklaim memblokir layanan Netflix demi melindungi pelanggannya. Sebab, Netflix diketahui belum memiliki izin di Indonesia. (Uc2)

Komentar Pembaca