Kemenkominfo Sosialisasi Tanda Tanda Digital di Makassar

0
158
Foto : Wakil Ketua STMIK HANDAYANI MAKASSAR, Mirfan, S.Kom, MT berdiri dengan Musa, Ketua komunitas Ubuntu Makassar saat mengikuti kegiatan Kemenkominfo di Hotel Clarion.

Inspiratifnews.com – Makassar, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di tahun 2016 ini akan fokus pada program internet security dan governance dalam bidang internet di program kerja prioritas untuk tahun 2016.

Dikutip dari Merdeka.com, Menkominfo Rudiantara mengatakan, pemerintah tidak bisa lagi hanya melakukan pemblokiran terhadap situs-situs yang bermuatan hal-hal yang dilarang. “Harus fokus bukan hanya di hilir namun juga ke hulu,” kata Rudiantara.

Mereka juga akan membuat daftar yang di dalamnya merupakan situs-situs yang berisi muatan positif (positive list). Nantinya, daftar ini akan dipublikasikan ke sekolah dan pesantren.

Bertempat di Hotel Clarion Makassar, Kemenkominfo memiliki program kerja prioritas di bidang internet antara lain, implementasi inisiatif Roadmap e-Commerce, promosi dan sosialisasi, program 1000 technopreneurs, pembangunan framework perlindungan informasi infrastruktur bagi sektor strategis nasional, pengembangan agen perubahan, pembangunan sistem verifikasi identitas online nasional (SIVION) dan penyusunan master plan, blue print serta arsitektur e-government nasional.

Secara garis besar Tanda Tangan Digital adalah sebuah skema matematis yang memiliki keunikan dalam mengidentifikasikan seorang (subjek hukum) di dunia digital.

Canggihnya, skema tersebut mampu membuktikan validitas dari tanda tangan tersebut secara online (real time).

CA adalah lembaga yang menerbitkan sertifikat digital, menandatangani sertifikat untuk memverifikasi validitasnya dan melacak sertifikat yang telah dicabut atau kedaluwarsa.

Tanda Tangan Digital digunakan untuk memberikan kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah pada dokumen elektronik dan transaksi elektronik. Seperti yang tercantum pada pasal 11 UU ITE.

Foto : Wakil Ketua STMIK HANDAYANI MAKASSAR, Mirfan, S.Kom, MT berdiri dengan Musa, Ketua komunitas Ubuntu Makassar saat mengikuti kegiatan Kemenkominfo di Hotel Clarion.
Foto : Wakil Ketua STMIK HANDAYANI MAKASSAR, Mirfan, S.Kom, MT (kanan gambar) berfoto dengan Musa, Ketua komunitas Ubuntu Makassar saat mengikuti kegiatan Kemenkominfo di Hotel Clarion.

Tepat di hari selasa, 8 November, kemenkominfo juga menyelenggarakan sosialisasi penggunaan tanda tangan digital atau disebut SIVION. Menurut Wakil Ketua STMIK Handayani Makassar, Mirfan, kegiatan sosialisasi Sivion sangat positif kami sebagai institusi berbasis teknologi informasi sangat mendukung program tanda tangan digital atau Sivion oleh Kemenkominfo ini, ujar Mirfan selaku peserta sosialisasi.

Dia menambahkan, pada dunia pendidikan aplikasi Sivion memudahkan dalam menyelesaikan administrasi kemahasiswaan, belum lagi bila dikorelasikan dengan instansi terkait seperti perbankan. data kita telah terkoneksi sehingga mudah dikroscek, tangkasnya.

Tetapi kata Mirfan, akademisi perlu mengedukasi masyarakat tentang tata cara penggunaan tanda tangan digital ini, sebab keamanan user perlu untuk menjaga kerahasiaan user biar terhindar dari pelaku hacker maupun cracker yang marak dilakukan oleh pihak asing,

“Jika memungkinkan, STMIK Handayani siap melaksanakan hal serupa dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait program Kemenkominfo dan program edukasi perkembangan teknologi informasi” tutupnya. (*)

Komentar Pembaca