Kepala Sekolah Sulap MIN Pattiro jadi “Go Green”

0
117

Inspiratifnews.com-Makassar –USAID Prioritas melalui program pendidikan yang inovasi dan pembaharu selalu memberikan nilai edukasi pada sekolah – sekolah binaannya untuk berkembang menjadi sekolah produktif. salah satu contoh Madrasyah Ibtida’iyah Min Pattiro yang berkembang melalui tangan terampil seorang kepala sekolah bernama Zulfikah Nur S.Pd.i, bahkan mampu produktif melebihi sekolah milik pemerintah yang notabene mendapat subsidi dan bantuan pemerintah.

inspiratifnews.com-usaidprioritas
USAID Prioritas, Fadiah Mahmud saat memberi penjelasan Sekolah GO GREEN.

Wajah sekolah MIN Pattiro Takalar kini jauh berbeda setahun yang lalu, kini sekolah menjadi sekolah favorit yang mana sebelumnya sekolah ini termasuk sekolah sederhana, sehingga minat anak-anak belajar disekolah tersebut sangat rendah juga  letak MIN Pattiro yang kondisi ekonomi peduduk setempat rata – rata mata pencahariannya nelayan dan petani. Namun sejak mendapat support dari Usaid Prioritas sekolah ini berubah drastis. Kepala sekolah MIN Pattiro Zulkifli menjelaskan bahwa sekolahnya mengalami perubahan setelah mendapat masukan dari prioritas tentang manajemen pengelolaan sekolah dengan baik. ” perubahan yang paling signifikan adalah pola pikir dari siswa sendiri untuk kreatif dan berkarya sebab mereka diajarkan untuk mengasah pengetahuan melalui 5 W 1 H dan membuat kreasi – kreasi bacaan hingga menarik minat baca para siswa,” ujarnya Zulkifli saat briefing media di Hotel M-Regency (15/03/2016).

Zulkifli ungkapkan, pihaknya juga melakukan penataan terhadap ruang-ruang kelas dan lingkungan sekolahnya lebih menarik dan sehat,  dan kini menjadi sekolah berstandar “Go Green”. Usaid Prioritas sangat membantu dengan memberi pemahaman mengelola sekolah  berbasis management, dan menjadikan orang tua siswa sebagai mitra,” jelasnya.

Zulkifli menjelaskan bahwa bantuan dari komite sekolah, dana bos, dan bantuan tidak mengikat dikelola secara transparan. bahkan rekapitulasi penggunaan anggaran terpasang di beberapa ruang kelas. sementara itu Fadiah Mahmud dari Usaid Prioritas menjelaskan bahwa Usaid Prioritas mendampingi beberapa sekolah dalam pengelaloan management sekolah. “ini salah satu bagian dari program Usaid Prioritas untuk mendorong pengelolaan anggaran sekolah dengan management transparan bagi orang tua siswa, sehingga langkah yang kami lakukan ini dapat dijadikan inspirasi buat sekolah – sekolah lainnya,” ujarnya Fadiah Mahmud. (ish)

 

klik dan like : facebook.com/inspiratifnews

Komentar Pembaca